Bola Internasional

Hasil Piala AFF 2022: Filipina vs Timnas Indonesia Babak Pertama, Dendy dan Marselino Cetak Gol

Senin, 2 Januari 2023 20:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia babak pertama  berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Garuda. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Garuda.

INDOSPORT.COM – Pertandingan Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia babak pertama  berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Garuda.

Timnas Indonesia bertandang ke markas Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (02/01/23) pada laga terakhir babak penyisihan grup A atau laga penentu lolos atau tidaknya ke semifinal.

Meski sempat mendapatkan tekanan dari Filipina, Timnas Indonesia mampu unggul lebih dulu berkat sundulan Dendy Sulistyawan usai mendapat assist Pratama Arhan di menit ke- 20.

Pasukan Shin Tae-yong kemudian menggandakan keunggulan berkat umpan ciamik Saddil Ramdhani yang diselesaikan oleh Marselino Ferdinan di menit ke-42.

Keunggulan 2-0 di babak pertama ini membuat Timnas Indonesia untuk sementara menduduki puncak klasemen Grup A dengan unggul selisih gol dari Thailand.

Untuk diketahui, Thailand, di pertandingan lainnya melawan Kamboja, baru mampu mencetak satu gol lewat tendangan penalti Teerasil Dangda di menit-menit akhir.

Jalannya Pertandingan

Filipina sejatinya lebih dulu menginisiasi serangan. Dominasi serangan membuat Timnas Indonesia sempat kerepotan apalagi mereka masih harus beradaptasi dengan rumput sintesis di Stadion Rizal Memorial.

Akibatnya, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata berkali-kali mendapatkan tekanan dari Filipina.

Pada menit ke-5, Filipina mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti timnas Indonesia. Stephan Schrock melakukan tendangan tapi bola berhasil ditepis oleh Nadeo.

Pada menit ke-8 giliran Marc Klok menciptakan peluang. Ia meneruskan umpan kepada Rizky Ridho sayang tembakan Rizky jauh dari sasaran.

Lyngbo melakukan handball pada menit ke-17 di dalam kotak penalti namun tidak dihiraukan wasit. Sebagai gantinya, tendangan pojok diberikan untuk Indonesia.