In-depth

Kylian Mbappe Masih Butuh Lionel Messi Demi Menjadi Pesepakbola Nomor 1 Dunia

Senin, 2 Januari 2023 21:22 WIB
Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay
Duel Top Skor Piala Dunia 2022 bakal direbutkan oleh Lionel Messi, kapten Argentina dan Kylian Mbappe, striker Prancis (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay). Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay
Duel Top Skor Piala Dunia 2022 bakal direbutkan oleh Lionel Messi, kapten Argentina dan Kylian Mbappe, striker Prancis (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM - Kylian Mbappe harus setuju bahwa rekannya di Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi masih nomor satu di dunia dan tidak perlu gengsi belajar dari seniornya tersebut.

Sepeninggal Pele, Johan Cruyff dan Diego Maradona, dunia hanya memiliki satu raja sepak bola yakni Lionel Messi. 

Namun, Lionel Messi sudah berusia 35 tahun, dan sudah mendekati akhir kariernya di lapangan hijau. Lantas, siapa yang bisa menggantikan Messi nanti sebagai raja baru sepak bola?

Mungkin butuh waktu lama bagi seorang pemain untuk mencapai level seperti Lionel Messi sebagai raja sepak bola. Beberapa orang menilai Kylian Mbappe dan Erling Haaland siap menjadi penerus takhta Messi.

Tetapi untuk menjadi seperti Messi, Mbappe masih memiliki perjalanan panjang untuk menggapai puncak. Kalau tidak, dia hanya pemain yang bagus yang tidak setingkat dengan Cristiano Ronaldo, Van Basten, Zinedine Zidane dan Ronaldo de Lima. 

Bisa dibilang Kylian Mbappe beruntung lahir di generasi setelah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, mampu mengambil alih eksposur sepak bola dunia. 

Messi dan Ronaldo menyumbang 12 dari 14 Ballon d'Or selama 15 tahun terakhir, dari 2008 hingga 2022 (Tahun 2020 tidak ada penganugerahan Ballon d'Or).

Mengingat prestasinya di kancah Piala Dunia, Mbappe berpeluang mengikuti jejak Pele. Namun dari segi prestasi pribadi, jumlah Ballon d'Or pemain berusia 24 tahun masih nol.

Sangat disayangkan bahwa Mbappe belum meraih penghargaan individu. Messi di usia 22 tahun sudah berhasil meraih Ballon d'Or.

Akan tetapi prestasi Lionel Messi masih kalah dengan Kylian Mbappe di usia yang sama. Kok bisa sih?