Bola Internasional

Survey Fans Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi di Korea Utara, Siapa yang Unggul?

Sabtu, 31 Desember 2022 12:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Masyarakat Korea Utara memberikan jawaban soal siapa yang unggul antara Cristiano Ronaldo yang baru gabung Al-Nassr dan Lionel Messi yang juara Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach) Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Masyarakat Korea Utara memberikan jawaban soal siapa yang unggul antara Cristiano Ronaldo yang baru gabung Al-Nassr dan Lionel Messi yang juara Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM – Masyarakat Korea Utara memberikan jawaban saat ditanya siapa yang paling unggul antara Cristiano Ronaldo yang baru gabung Al-Nassr dan Lionel Messi yang juara Piala Dunia 2022.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Korea Utara merupakan salah satu negara yang paling tertutup dan ketat dari budaya luar, mulai dari Pendidikan, entertainment hingga hal lainnya.

Termasuk olahraga sepak bola, di mana masyarakat yang berada di bahwa rezim pemerintah Kim Jong-un itu terpaksa menonton ajang Piala Dunia 2022 lebih lambat atau delay, agar pihaknya bisa menyortir dan sensor terhadap beberapa siaran.

Meski bisa menyaksikan Piala Dunia 2022 saat ajang itu sudah berakhir pada 18 Desember 2022 kemarin, namun masyarakat Korea Utara terlihat menikmatinya.

Melansir dari NK News, hal ini dibuktikan lewat pengakuan Olivia Natsha selaku YouTuber di Korea Utara yang tinggal di Pyongyang dan terkait dengan perusahaan media Sogwang.

Olivia Natasha bahkan melakukan survey fans kecil-kecilan soal siapakah pemain yang paling unggul dan digemari antara Cristiano Ronaldo yang kini jadi pemain Al-Nassr dan Lionel Messi.

Korea Utara yang juga ternyata menggilai sepak bola, lebih banyak mengunggulkan Messi ketimbang Ronaldo. La Pulga menang tujuh suara sedangkan CR7 hanya mendapatkan empat suara.

“Saya suka Lionel Messi, dia berusia pertengahan 30-an tahun tapi keterampilannya masih tak tertandingi,” ucap salah satu responden.

NK News juga menambahkan bahwa sepak bola menjadi salah satu olahraga yang diminati di Korea Utara, apalagi pengaruh pemain legenda seperti Diego Maradona dan Pele sangat besar. Ditambah dengan kehadiran pemain hebat seperti Messi dan Ronaldo.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengawali tahun 2023 dengan cara yang berbeda. Jika Messi memulainya sebagai sang pahlawan Argentina yang juara Piala Dunia 2022, sedangkan Ronaldo resmi gabung dengan Al-Nassr di Liga Arab Saudi.