Bola Internasional

6 Raja Umpan di Liga Top Eropa Sejauh Musim Ini, PSG Sumbang 3 Nama

Selasa, 3 Januari 2023 02:11 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay
Duel Top Skor Piala Dunia 2022 bakal direbutkan oleh Lionel Messi, kapten Argentina dan Kylian Mbappe, striker Prancis (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay). Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay
Duel Top Skor Piala Dunia 2022 bakal direbutkan oleh Lionel Messi, kapten Argentina dan Kylian Mbappe, striker Prancis (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach - REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM - Tahun 2022 sudah berlalu, kini sepak bola Eropa menatap tahun yang baru. Pada 2022 lalu, terdapat 6 raja umpan atau assist, dengan PSG sumbang tiga nama untuk kategori ini. 

Dalam sepak bola, mencetak gol memang cukup penting karena bisa memenangkan sebuah tim. Namun, pemberi umpan atau assist tidak boleh dikesampingkan begitu saja.

Tanpa si pemberi umpan yang handal, sebuah tim tentu akan sulit membobol gawang lawan, sekali pun mereka punya striker kelas dunia.

Sebagian besar Liga-liga top Eropa sudah berlangsung separuh musim, yang artinya ini waktu yang tepat untuk mengevaluasi para pemain. 

Salah satu aspeknya ada melihat pemain yang berkontribusi seperti misalnya pemberi umpan. Berikut ini 6 raja umpan atau assist di liga-liga top Eropa, siapa saja? 

6. Neymar

Di urutan keenam, ada Neymar yang kini menjalin trio lini serang di Paris Saint-Germain bersama Lionel Messi dan Kylian Mbappe. 

Bintang asal Brasil yang gabung PSG sejak musim panas 2017, ternyata cukup aktif kala timnya mencetak gol. 

Dia mencetak 14 assist dari 27 penampilan di semua kompetisi sepanjang 2022. Tentu, statistik ini membuatnya masih amat penting untuk PSG. 

5. Alassane Plea

Selanjutnya ada nama yang kurang tenar yakni Alassane Plea. Namun winger kiri Borussia Monchengladbach itu ternyata cukup aktif memberi assist sejauh musim ini. 

Winger 29 tahun mencatat 28 penampilan di semua kompetisi pada tahun 2022, dengan menyumbang 14 assist di semua kompetisi.