Liga Indonesia

Alasan Persis Solo Jadikan Stadion Maguwoharjo Opsi Kedua di Liga 1

Selasa, 3 Januari 2023 19:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Pertandingan antara Persik Kediri vs Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/12/22). (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Pertandingan antara Persik Kediri vs Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Sabtu (24/12/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persis Solo memilih Stadion Maguwoharjo Sleman sebagai opsi venue kandang kedua pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Kedekatan jarak dan kualitas markas PSS Sleman jadi alasan utama keputusan ini.

Ada dua tim yang terancam tak bisa bermain di kandangnya sendiri pada putaran kedua Liga 1. Kedua tim itu adalah Bali United dan Persis Solo.

Kendala dari dua tim ini sama. Kedua tim terancam tak bisa bermain di markasnya karena dipersiapkan untuk venue Piala Dunia U-20 2023.

Dalam perencanaan awal, renovasi lanjutan bakal dilakukan pada bulan Januari. Maka, jika rencana ini berjalan, Stadion Manahan Solo dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar tak bisa digunakan untuk Liga 1.

Pada rilis jadwal PT Liga Indonesia Baru (LIB), Persis Solo dan Bali United sudah menetapkan opsi venue kandang kedua. Jika venue utama tak bisa dipakai, mereka kompak untuk memaksimalkan Stadion Maguwoharjo Sleman.

Media Officer Persis Solo, Brian Barcelona, menjelaskan alasan memilih Stadion Maguwoharjo sebagai opsi kedua. Meski sudah tercantum, namun Persis Solo masih berupaya main di Manahan.

"Masih opsional, karena pilihan utama kami tetap di Manahan. Masih harus koordinasi dengan pihak terkait supaya jelas regulasinya seperti apa, baru kita menentukan pilihan," kata Brian, Selasa (03/01/23).

Ada dua hal yang jadi dasar memilih Stadion Maguwoharjo sebagai opsi kedua setelah Manahan. Ternyata, sebelum membuat keputusan ini, ada banyak stadion yang jadi opsi bagi Persis Solo.

"Dari beberapa opsi stadion yang tersedia kan harus diverifikasi dulu oleh LIB, jadi dari beberapa opsi yang tersedia, Maguwoharjo sudah lolos verifikasi dan beberapa aspek pendukung sudah oke," tutur Brian.

"Kita juga mempertimbangkan jarak ke Maguwoharjo. Ketika nanti pindah, itu menjadi pertimbangannya, tapi prioritas utama kami tetap ke Manahan," imbuh Brian.