In-depth

Kaoru Mitoma, Buah Baru Kejeniusan Scout Brighton dan Calon Bintang Asia Terbaik Liga Inggris

Rabu, 4 Januari 2023 22:38 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Phil Noble
Bintang asal Jepang, Kaoru Mitoma, kembali menggemparkan Liga Inggris (Premier League) usai lagi-lagi bikin gol untuk Brighton and Hove Albion. (Foto: REUTERS/Phil Noble) Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Bintang asal Jepang, Kaoru Mitoma, kembali menggemparkan Liga Inggris (Premier League) usai lagi-lagi bikin gol untuk Brighton and Hove Albion. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Bintang asal Jepang, Kaoru Mitoma, kembali menggemparkan Liga Inggris (Premier League) usai lagi-lagi bikin gol untuk Brighton and Hove Albion.

Sang winger mengemas satu lesakan kala timnya memporak-porandakan Everton dengan skor 1-4 pada Rabu (04/01/23) dini hari lalu.

Mitoma sudah bisa membuat suporter tuan rumah yang memadati tribun Goodison Park di menit ke-14. Sodoran umpan dari Moises Caicedo diubahnya menjadi momen magis.

Kontrolnya sudah cukup untuk memperdaya Nathan Petterson dan setelah menghindari hadangan Conor Coady ia dengan mudahnya mengelabui palang pintu terakhir The Toffess, Jordan Pickford, dengan satu sontekan dingin penjebol gawang.

Gol tersebut adalah gol ketiga keempat Mitoma sejak bergabung bersama Brighton. Rinciannya adalah tiga gol di Liga Inggris dan satu sisanya di Piala Liga Inggris.

Meski masih belum sepenuhnya bisa menyemen satu tempat di starting XI The Seaguls, namun tidak bisa dipungkiri lagi jika Mitoma adalah salah satu pemain yang layak diperhatikan di Liga Inggris 2022/2023.

Terutama karena ia pun baru menunjukkan penampilan heroik untuk Jepang di Piala Dunia 2022 lalu.

Kaoru Mitoma memang bukan penggawa intin The Blue Samurai dengan tidak satupun dari empat penampilannya di Qatar sebagai starter namun perannya sebagai super-sub sangatlah krusial.

Ia adalah penyumbang assist fenomenal untuk gol penentu kemenangan 2-1 negaranya atas Spanyol yang membuat Jepang lolos ke 16 besar sebagai juara grup meski harus juga bersaing dengan Jerman dan Kosta Rika.

Mitoma melakukan sliding dramatis berbuah umpan cutback yang semula diduga out namun akhirnya bisa disahkan untuk menjadi gol Ao Tanaka. Semenjak itu perhatian pada sang pemain 25 tahun dan juga Brighton pun meningkat.