Liga Indonesia

Liga 1: Ramai Transfer Playmaker PSIS Semarang ke Arema FC, Opsi Barter Menguat

Rabu, 4 Januari 2023 15:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang PSIS Semarang, Jonathan Cantillana. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi gelandang PSIS Semarang, Jonathan Cantillana. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Aktivitas klub-klub di bursa transfer Liga 1 Indonesia 2022-2023 belakangan semakin ramai. Geliat yang sama juga diperlihatkan Arema FC.

Mereka bahkan santer disebut segera menggaet playmaker PSIS Semarang, Jonathan Cantillana. Situasi ini muncul karena tenaga pemain berusia 30 tahun itu sudah tidak lagi diperlukan Laskar Mahesa Jenar pada putaran kedua.

Kendati pada Liga 1 musim ini, peran Cantillana cukup sentral di lini tengah PSIS Semarang. Playmaker kelahiran Santiago, Chile itu mencatat 14 penampilan dengan sumbangsih empat gol.

Di sisi lain, posisi playmaker tengah menjadi dambaan Arema FC pasca menggelar program evaluasi tim. Manajer tim bahkan menyatakan terang-terangan bakal melakukannya di bursa transfer tengah musim Liga 1.

"Setelah melihat performa tim, yang dibutuhkan memang seorang playmaker ya," ucap Wiebie Dwi Andriyas kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (28/12/22).

Masalahnya, Arema FC mesti mencoret satu dari empat pemain asing jika jadi memboyong Jonathan Cantillana. Klub belum membahas status Sergio Silva, Adilson Maringa, Renshi Yamaguchi, dan Abel Issa Camara.

Kendati demikian, ada sejumlah opsi yang bisa ditempuh Arema FC untuk mengakomodir Jonathan Cantillana. Apa lagi kalau bukan sistem barter.

Sistem barter alias pertukaran pemain menjadi opsi terkuat bagi Arema FC. Satu pemain asing yang kemungkinan disodorkan kepada PSIS adalah Renshi Yamaguchi.