In-depth

'Perang' Profil Pemain Termahal di 4 Skuad Semifinalis Piala AFF 2022

Rabu, 4 Januari 2023 17:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Skuad Garuda sendiri melenggang ke semifinal usai finis di peringkat dua klasemen Grup A di bawah Thailand.

Dengan demikian, mereka harus berhadapan dengan Vietnam yang juga ditangani pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo.

Meski dihadapkan pada lawan yang berat, Timnas Indonesia tentu tidak akan gentar. Bagaimanapun juga, mereka salah satu kandidat favorit juara yang sudah dijagokan sejak turnamen dimulai.

Selain itu, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki skuad mahal di Piala AFF 2022 yakni 9,3 juta euro atau kurang lebih Rp151,4 miliar.

Akan tetapi, tiga lawan mereka di semfinal Piala AFF 2022 juga tidak kalah kompetitif. Lantas, siapa pemain termahal di masing-masing skuad dan seperti apa profilnya?

Timnas Indonesia

Jordi Amat menjadi pemain termahal di skuad Garuda yang bermain di Piala AFF 2022, dengan label 1 juta euro, atau sekitar Rp16,5 miliar menurut data Transfermarkt saat ini.

Pemain Johor Darul Ta'zim tersebut menjadi starter di dua pertandingan Timnas Indonesia di Grup A, masing-masing di partai menghadapi Kamboja dan Thailand.

Kehadirannya membuat lini belakang Timnas Indonesia makin kuat dan pngalamannya bermain di liga Eropa juga sangat membantu.

Bek berusia 30 tahun ini sudah kenyang bermain di Spanyol baik di level klub maupun timnas. Ia pun sempat bermain untuk Catalunya sebelum merapat ke skuad Garuda.