Bola Internasional

Jelang Indonesia vs Vietnam di Piala AFF, Shayne Pattynama: Enggak Sabar Ikut Main!

Kamis, 5 Januari 2023 10:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Jelang semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam, calon pemain naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama akui tak sabar berlaga. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Jelang semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam, calon pemain naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama akui tak sabar berlaga. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Jelang semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Vietnam, calon pemain naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama akui tak sabar berlaga.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam terlebih dulu di babak semifinal leg 1 Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23), pukul 16.30 WIB.

Laga ini seolah menjadi pertaruhan dua juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong vs Park Hang-seo. Siapakah yang lebih baik?

Memang harus diakui, sejak Park Hang-seo menukangi Timnas Vietnam, tim tetangga ini belum pernah kalah dari Timnas Indonesia.

Bahkan, berdasarkan head-to-head dalam lima pertandingan terakhir, skuad Garuda hanya pernah menang sekali, imbang dua kali, dan Vietnam justru menang dua kali.

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia terjadi di semifinal leg 1 Piala AFF 2016, sudah sangat lama. Kala itu anak asuh Alfred Riedl menang dengan skor 2-1.

Kini, guna mencapai misi menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan bersaing di level Asia, Shin Tae-yong menambahkan amunisi berupa pemain naturalisasi.

Sudah ada dua pemain naturalisasi yang ia orbitkan, meski hanya Jordi Amat yang bisa diandalkan di Piala AFF 2022, sedangkan Sandy Walsh masih membela timnya.

Menyusul, Shayne Pattynama sudah akan melalui tahap akhir untuk mengesahkan proses naturalisasinya menjadi WNI.