Liga Indonesia

Bus Vietnam Bakal Dikawal Rantis Menuju GBK untuk Lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Jumat, 6 Januari 2023 11:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan lebih ketat bagi Timnas Vietnam yang akan melawan Timnas Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (06/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan lebih ketat bagi Timnas Vietnam yang akan melawan Timnas Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan lebih ketat bagi Timnas Vietnam yang akan melawan Timnas Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (06/01/23) sore nanti di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, mengatakan pengamanan lebih ketat akan diberikan untuk rombongan pemain dan ofisial Timnas Vietnam. Akan ada kendaraan rantis yang mengawal bus pemain Vietnam menuju stadion.

Pengamanan ketat dilakukan berkaca dari insiden teror ke bus timnas Thailand, Kamis (29/12/22) pekan lalu. Saat itu bus tim tamu bahkan dilempari ketika sedang menuju Stadion GBK. 

"Mereka tetap naik bus, tapi ada kendaraan rantis yang ikut mengawal," ujar Zulpan ke awak media.

"Di samping tentunya menggunakan pengawalan dengan kendaraan pengawalan lalu lintas," tambahnya.

Berdasarkan keterangan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pertandingan Indonesia vs Vietnam akan dijaga 3000 personel gabungan dari Kepolisian dan TNI. Nantinya juga ada steward yang berjaga di dalam stadion.

Tiket pertandingan yang dijual adalah 50 ribu penonton atau 70 persen dari kapasitas GBK berdasarkan rekomendasi pihak Kepolisian.

Sementara itu, PSSI melalui Ketua Divisi Pemberdayaan Suporter, Budiman Dalimunthe mengatakan keamanan laga timnas Indonesia vs timnas Vietnam dipastikan bakal diperketat.

Akan ada sterilisasi jalur kedatangan bus tim tamu untuk memastikan skuad Vietnam aman sampai ke stadion.  “Itu insya Allah ya (soal sterilisasi) kalau itu kan dari security, dari rakor-rakor (rapat kordinasi -red) sih akan ditingkatkan," jelasnya.

Budiman Dalimunthe mengingatkan suporter untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan, termasuk menyoraki lagu kebangsaan tim tamu. “Tolong teman-teman yang melakukan itu jangan diulangi, karena itu mencederai kepentingan orang banyak," tandasnya.

Setelah menjamu Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 pada Jumat (06/01/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Timnas Indonesia akan away pada Senin (09/01/23) di My Dinh National Stadium, Hanoi.