Bola Internasional

Piala AFF 2022: Pengamat Minta Timnas Indonesia Tandai 'Messi Vietnam' Jebolan Prancis

Jumat, 6 Januari 2023 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© affsuzukicup.com
Setelah membedah kekuatan Timnas Vietnam, Timnas Indonesia wajib mewaspadai Nguyen Quang Hai, yang dijuluki sebagai Messi dan main di Liga Prancis. Copyright: © affsuzukicup.com
Setelah membedah kekuatan Timnas Vietnam, Timnas Indonesia wajib mewaspadai Nguyen Quang Hai, yang dijuluki sebagai Messi dan main di Liga Prancis.

INDOSPORT.COM - Setelah membedah kekuatan Timnas Vietnam, Timnas Indonesia wajib mewaspadai Nguyen Quang Hai, yang dijuluki sebagai "Lionel Messi" dan main di Liga Prancis.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam terlebih dulu di babak semifinal leg 1 Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23), pukul 16.30 WIB.

Secara prestasi, harus diakui bahwa Timnas Indonesia tertinggal dari Vietnam, yang notabene sudah meraih dua gelar juara Piala AFF, tahun 2008 dan 2018.

Vietnam juga menjalani babak penyisihan Grup B Piala AFF 2022 dengan gemilang tanpa kebobolan dan mencetak 12 gol.

Menurut pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel, pencapaian ini tak lepas dari peran tiga pilar Vietnam. Maka, tiga sosok berikut ini wajib diwaspadai.

"Saya melihat mereka bermain dengan tiga centre back, formasi 3-5-2, jadi mereka saat menyerang, ada tiga di belakang, mereka dorong wing back ke depan," jelasnya.

"Ini bisa menjadi bahaya, sekaligus bisa menjadi peluang bagi Timnas Indonesia untuk counter attack," jelas Bung Towel melalui kanal Youtube-nya, Kamis (05/01/23).

Pemain pertama yang perlu dikawal lebih agresif yakni kapten Timnas Vietnam, Do Hung Dung, posisi gelandang bertahan.

"Kekuatan mereka ada di lapangan tengah. Do Hung Dung, kapten kesebelasan nomor 8. Sangat solid menjaga kedalaman, distribusi bola yang bagus," tegas Bung Towel lagi.

"Dia gelandang yang komplet, bukan lagi sekadar gelandang bertahan, tapi juga box to box yang kuat," jelas sang komentator.