Liga Indonesia

Dokter Tim Persib Beberkan Kondisi Terkini Zalnando Jelang Putaran 2 Liga 1 2022/23

Jumat, 6 Januari 2023 18:22 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport.com
Zalnando, Robi Darwis (Diklat Persib), Ridwan Ansori (Diklat Persib) dan Arsan Makarin Al Haq berfoto bersama sebelum game internal Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Zalnando, Robi Darwis (Diklat Persib), Ridwan Ansori (Diklat Persib) dan Arsan Makarin Al Haq berfoto bersama sebelum game internal Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22).

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan kondisi terkini Zalnando, yang sedang menjalani program pemulihan cedera usai operasi patah tulang dibagikan kaki kirinya.

Menurut Rafi, setelah menjalani operasi, proses pemulihan yang dilakukan oleh pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut berjalan dengan lancar.

Sehingga, pemain asal Kota Cimahi tersebut sudah bisa melakukan kegiatan, diantaranya menjalankan program latihan mandiri didampingi fisioterapis tim. 

Kemudian, sudah terlihat bergabung dengan Persib, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Kamis (05/01/23) meskipun belum bisa berlatih bersama rekan-rekannya.

Sebagai informasi, cedera tersebut didapat Zalnando pada pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 menghadapi Dewa United di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/12/22).

Saat itu, Zalnando mengalami cedera dislokasi kaki kirinya, yang membuatnya tidak dapat melanjutkan laga di menit 79. Setelah itu, dia dibawa tim medis Persib ke rumah sakit di Solo.

Keesokan harinya, bersama dokter tim Persib, Rafi Ghani, Zalnando pulang ke Bandung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit di Kota Bandung dan menjalani operasi, Jumat (16/12/22).

"Kondisi Zalnando pasca operasi lagi penyembuhan, tapi progresnya bagus. Sampai saat ini Alhamdulillah proses berjalan dengan baik, progres berjalan bagus sudah ada kegiatan didampingi fisioterapis," kata Rafi.

Lebih lanjut Rafi menuturkan, sejauh ini secara keseluruhan kondisi kebugaran pemain Persib cukup bagus, hanya Zalnando dan David Rumakiek yang sedang menjalankan program pemulihan cedera.

David Rumakiek sendiri, mengalami cedera di bagian lutut dan harus menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Jakarta, Jumat (28/10/22). Sehingga, saat ini pemain berusia 23 tahun tersebut masih menjalani program pemulihan.