In-depth

3 Alasan Kuat Timnas Indonesia Bisa Membuat Vietnam Menangis di Semifinal Leg 2 Piala AFF 2022

Senin, 9 Januari 2023 15:11 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan bergantian bermain di markas Vietnam dalam semifinal leg kedua ajang Piala AFF 2022.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia bakal tersaji di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin (09/01/23) pukul 19.30 WIB.

Duel Vietnam menjamu Timnas Indonesia diprediksi bakal berjalan sangat panas dan seru. Hal ini karena kedua tim sempat bermain imbang 0-0 di Setadion Utama Gelora Bung Karno di semifinal leg pertama Piala AFF 2022.

Di laga semifinal leg kedua ini, Shin Tae-yong diprediksi akan kembali memakain skema 3-4-3. Dengan formasi ini, Timnas bisa lebih fleksibel ketika menyerang dan merunah taktik menjadi 5-2-3.

Shin Tae-yong sendiri menegaskan ingin memastikan tiket ke partai final, tanpa harus melalui babak perpanjangan waktu atau hingga drama adu penalti.

"Kedua tim (VIetnam dan Indonesia) sama saja pastinya akan mempersiapan final. Pastinya sama kami juga tidak akan berpikir mau seri, 1 persen pun tak ada," ujar Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers jelang laga.

"Jadi kami akan memikirkan final dan menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit," tuturnya menambahkan.

Kepercayaan diri Shin Tae-yong pun bukan tanpa alasan. Sebab dia menilai sudah mempersiapkan Timnas Indonesia sebaik mungkin untuk menghadapi Vietnam di leg kedua semifinal ini.

"Memang harus baik hasil dalam pertandingan dan kita pun memang mempersiapkan pertandingan dengan semaksimal mungkin," ucap Shin Tae-yong.

Meski gagal meraih kemenangan di semifinal leg pertama Piala AFF 2022, namun ada sejumlah alasan yang membuat Timnas Indonesia bisa mengatasi hadangan Vietnam. Berikut INDOSPORT telah merangkumnya: