Liga Indonesia

Lolos Verifikasi Liga 2, Stadion Lukas Enembe Dapat Nilai Lebih Baik dari GBK

Senin, 9 Januari 2023 11:42 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Prio Hari Kristanto
© Sudjarwo/INDOSPORT
Stadion Utama Lukas Enembe saat menggelar pertandingan Liga 2 Persipura Jayapura. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Stadion Utama Lukas Enembe saat menggelar pertandingan Liga 2 Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Stadion Utama Lukas Enembe yang terletak di kawasan olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura telah dinyatakan lolos verifikasi oleh tim risk assessment untuk Liga 2 yang melakukan pengecekan langsung selama dua hari, tanggal 7 - 8 Januari 2023.

Bahkan, hasil penilaian terhadap stadion megah dan terbesar di Indonesia Timur itu cukup menggembirakan. Stadion Lukas Enembe mendapatkan nilai 74,27 persen atau lebih baik ketimbang Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta yang hanya mendapatkan nilai 60 persen.

Stadion berkapasitas 40 ribuan penonton itu masuk kategori baik dan dinyatakan sangat layak untuk melanjutkan kembali pertandingan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Berbagai fasilitas Stadion Lukas Enembe dilihat secara langsung oleh tim risk assessment. Mulai dari lapangan hingga keamanan penonton, tempat kesehatan, ruang konferensi pers hingga jalur evakuasi. Semua fasilitas pendukung di stadion ini telah dilihat secara langsung.

Ketua tim risk assessment, Kombes Pol Purwoko mengatakan bahwa penilaian ini benar-benar dilakukan secara teliti hingga mendapatkan angka tersebut. Nilai yang dikeluarkan juga sesuai dengan peninjauan langsung ke stadion. 

"Kami sudah melakukan penilaian, jadi total nilai 74,26 persen. Ini dalam kategori baik. Kami melakukan pemeriksaan terkait dengan fisik, kelengkapan dan sarana prasarana stadion," ujarnya usai menyampaikan hasil penilaian, Minggu (08/01/23). 

Meskipun demikian masih ada beberapa kekurangan, menurutnya antara lain adanya beberapa penerangan stadion yang belum diganti. Beberapa CCTV yang belum dioperasikan, perawatan mesin genset, rambu-rambu HSSE yang belum lengkap dan beberapa kekurangan kecil lainnya. 

"Harapan kami tentunya temuan-temuan yang sudah kami nilai harapannya dapat ditindaklanjuti, sehingga mengarah kepada stadion yang kita harapkan semuanya," ujarnya.