Bola Internasional

Aneh tapi Nyata, Setiap Rachmat Irianto Absen Timnas Indonesia Pasti Kebobolan di Piala AFF 2022

Selasa, 10 Januari 2023 10:30 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Selebrasi gol Rachmat Irianto dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22). Copyright: © PSSI
Selebrasi gol Rachmat Irianto dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

INDOSPORT.COM - Rachmat Irianto absen dalam laga Timnas Indonesia vs Vietnam yang berakhir 0-2. Anehnya, skuat Garuda selalu kebobolan saat pemain Persib itu tidak bermain.

Seperti diketahui, harapan Timnas Indonesia lolos final Piala AFF 2022 pupus sudah. Langkahnya harus terhenti di semifinal leg kedua saat melawan Vietnam, Senin (9/1/2023) kemarin.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kalah agregat 0-2 dari pasukan Park Hang-seo, setelah kedua kubu bermain imbang tanpa gol di leg pertama, Jumat (6/1/2023).

Momen di My Dinh menjadi kali pertama Indonesia kebobolan lebih dari satu gol dalam gelaran Piala AFF 2022. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong maksimal kebobolan satu gol saat lawan Thailand, Filipina dan Kamboja.

Aneh tapi nyata, semua gol-gol yang bersarang di gawang Nadeo tercipta saat Rachmat Irianto absen mengawal lini tengah Garuda.

Punggawa Persib Bandung itu diketahui absen sekali ketika  Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kamboja di laga perdana.

Kemudian saat Thailand membobol gawang Timnas dan menahan imbang dengan skor 1-1, hal itu terjadi saat Irianto tak berada di lapangan.

Rachmat Irianto ditarik keluar pada menit ke-75, empat menit berselang gelandang Thailand Sarach Yooyen mencetak gol lewat tendangan jarak jauh.

Fenomena Indonesia kebobolan jika tak ada Irianto juga terjadi saat bertandang ke markas Filipina, Senin (2/1/2023).

Uniknya dalam laga tersebut, baru semenit Rachmat Irianto ditarik keluar, Sebastian Rasmussen sukses mengoyak gawang Syahrul Trisna di menit yang sama.