Liga Indonesia

Gagal di Piala AFF Meski Didukung Fasilitas Mewah, Shin Tae-yong Minta Maaf ke Iwan Bule

Rabu, 11 Januari 2023 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Para pemain Timnas tiba di Tanah Air Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Para pemain Timnas tiba di Tanah Air

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sudah mendarat di Tanah Air dengan selamat selepas tersingkir Piala AFF 2022, Selasa (10/1/23). Mereka dipaksa pulang lebih awal akibat keok dari Vietnam di semifinal.

Sesampainya di Jakarta, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, lantas memohon maaf. Dia merasa belum bisa membalas budi atas segenap dukungan yang diberikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mulai dari persiapan hingga Piala AFF 2022.

"Coach Shin bersama para pemain sudah sampai di Jakarta dengam selamat. Dia mohon maaf karena tidak bisa balas budi walaupun diberikan dukungan penuh dari pak Ketum," ucap penerjemah Shin Tae-yong.

Dalam persiapannya, Marc Klok cs. ditempatkan oleh Ketua Umum PSSI di Pulau Dewata, Bali, untuk menjalankan agenda pemusatan latihan (TC).

Bukan hanya fasilitas lapangan Pantai Purnama yang mumpuni dalam melakukan TC, mereka melakukan latihan gym di tempat representatif. Ditambah hotel bintang 5 di daerah Ubud yang menjadi tempat menginap Skuat Garuda.

Mendekati hari pertandingan Piala AFF 2022, timnas Indonesia bergeser ke Fairmont, hotel bintang 5 kawasan Senayan yang tak jauh dari arena pertandingan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Selain itu, fasilitas lain yang diberikan oleh Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, kepada timnas Indonesia adalah carter pesawat untuk setiap laga tandang Piala AFF 2022. 

Seperti bertandang ke Malaysia menghadapi Brunei Darussalam, ke Manila menghadapi Filipina di laga terakhir fase penyisihan grup A, kemudian ke Hanoi, Vietnam melakoni leg kedua semifinal Piala AFF 2022.