Liga Indonesia

Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2022, Iwan Bule Petik Pelajaran

Rabu, 11 Januari 2023 13:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan saat melepas Timnas Indonesia ke Filipina. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan saat melepas Timnas Indonesia ke Filipina.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tetap mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pemain, pelatih dan ofisial timnas Indonesia yang telah berjuang di Piala AFF 2022. Dia menilai semuanya telah tampil maksimal.

Diketahui, perjalanan timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terhenti di semifinal. Skuad Garuda digebuk Vietnam 0-2 secara agregat, sehingga gagal melaju ke final sekaligus meleset dari target juara yang diusung PSSI.

Meski demikian, Ketum PSSI tetap bangga dengan perjuangan pasukan Shin Tae-yong. Ia optimistis dengan masa depan tim Merah Putih karena dihuni banyak pemain muda potensial.

"Kendati belum juara, kami harus menatap masa depan dengan optimisme tinggi. Seluruh pemain dan pelatih sudah berjuang maksimal," ungkap Mochamad Iriawan, Selasa (10/1/23).

"Kami harus menghargai perjuangan mereka. Tetap semangat, tetap berjuang untuk event selanjutnya agar lebih baik lagi," tambahnya.

Saat ini, pemain dan seluruh ofisial timnas Indonesia telah kembali ke Tanah Air. Skuat lantas dibubarkan dan pemain kembali ke klub masing-masing karena Liga 1 2022-2023 segera bergulir lagi.

Iwan Bule, sapaan akrab Ketum PSSI, berharap semua pemain bisa tampil konsisten di klub, sehingga mereka sudah siap ketika dibutuhkan timnas Indonesia. 

"Liga 1 mulai bergulir lagi dan pemain pulang ke klub masing-masing. Tentu ada pula yang harus meninggalkan Indonesia karena bermain di luar negeri. Yang penting harus tetap semangat untuk mengejar prestasi lebih baik lagi," ujarnya.

Terhentinya langkah timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022 membuat pasukan Shin Tae-yong gagal mengulang catatan edisi 2020. Mereka lolos ke final meski akhirnya keok dari Thailand.