In-depth

Agenda Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong Selanjutnya Pasca Tersingkir dari Piala AFF 2022

Kamis, 12 Januari 2023 17:27 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah agenda pertandingan timnas Indonesia di tahun 2023 usai tersingkir dari Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia gagal menuai hasil manis di turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara, Piala AFF 2022 edisi kali ini.

Skuad Garuda hanya mampu melangkah hingga babak semifinal lantaran dihentikan oleh tim kuat Vietnam.

Dalam dua pertandingan babak semifinal, timnas Indonesia mampu mengimbangi Vietnam dengan hasil 0-0 di leg pertama.

Padahal sejumlah peluang didapat oleh para pemain timnas Indonesia saat tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tetapi penyelesaian yang kurang baik membuat mereka kesulitan mencetak gol. Hasil 0-0 membuat leg kedua jadi pertandingan yang menentukan.

Vietnam jelas diuntungkan karena bermain di depan publiknya sendiri. Benar saja, anak asuh Shin Tae-yong tidak bisa berbuat banyak.

Timnas Indonesia kalah 2-0 melalui dwi gol dari Nguyen Tien Linh. Kemenangan itu mengantarkan tim besutan Park Hang-seo ke final.

Di partai puncak, Vietnam berhadapan dengan Thailand yang menang agregat 3-2 atas Malaysia. 

Usai tersingkir, pelatih Shin Tae-yong meminta maaf kepada publik sepak bola Indonesia atas kegagalan ini.

"Masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan untuk memajukan sepak bola Indonesia. 

"Karena hasil ini, saya merasa sangat menyesal dan ingin meminta maaf kepada para penggemar Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers.

Tak perlu larut dalam kesedihan, Shin Tae-yong harus segera berbenah untuk mempersiapkan tim lagi, karena pasca Piala AFF 2022 Skuad Garuda masih dihadapkan dengan sejumlah agenda penting. Apa saja?