Liga Indonesia

Gagal di Piala AFF 2022, Salah Satu Exco PSSI Ini Tak Setuju Shin Tae-yong Dipecat

Jumat, 13 Januari 2023 20:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, dengan tegas menolak opsi pemecatan Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, dengan tegas menolak opsi pemecatan Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi, dengan tegas menolak opsi pemecatan Shin Tae-yong. Ada banyak hal positif yang sudah dihadirkan di Timnas Indonesia.

Tagar #STYout sempat mewarnai kegagalan Indonesia di Piala AFF 2022. Tagar itu merupakan bentuk kekecewaan suporter tim Garuda setelah Witan Sulaeman dkk. kalah dari Vietnam 0-2.

Kekalahan itu membuat Indonesia gagal memutus rekor tak pernah menjadi juara Piala AFF. Bahkan bila dibandingkan edisi 2020, prestasi Indonesia justru menurun.

Namun, adanya tuntutan agar Shin Tae-yong dipecat dari kursi pelatih Timnas Indonesia ditolak dengan tegas oleh Yoyok Sukawi.

"Sebagai anggota Exco, saya dengan tegas dan menolak kalau coach Shin Tae-yong harus mundur atau dipecat dari posisi pelatih Timnas," kata Yoyok Sukawi, Jumat (13/01/23).

Bos PSIS Semarang ini setuju perlu ada evaluasi atas kegagalan di Piala AFF 2022. Sejauh ini Vietnam masih menjadi tembok penghalang Indonesia meraih prestasi.

Namun, jika evaluasi itu harus berujung dengan pemecatan, Yoyok Sukawi tak setuju.

"Memang harus ada evaluasi, namun evaluasi tidak harus dengan pemecatan atau mundur," tegas Yoyok Sukawi.

Kegagalan di Piala AFF 2022 tentu memberi kekecewaan. Namun, kegagalan pada satu ajang saja tidak bisa menjadi tolok ukur penilaian secara keseluruhan.

"Coach STY sudah banyak melakukan perubahan-perubahan yang berujung positif bagi Timnas," jelas Yoyok Sukawi.