Liga Indonesia

Liga 1: Resmi Bermarkas di Stadion Maguwoharjo, Persis Solo Akan 'Kula Nuwun' ke Suporter DIY

Jumat, 13 Januari 2023 15:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persis Solo resmi menjadikan Stadion Maguwoharjo Sleman sebagai markas baru pada sisa kompetisi Liga 1 2022/2023. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persis Solo resmi menjadikan Stadion Maguwoharjo Sleman sebagai markas baru pada sisa kompetisi Liga 1 2022/2023.

INDOSPORT.COM - Persis Solo resmi menjadikan Stadion Maguwoharjo Sleman sebagai markas baru pada sisa kompetisi Liga 1 2022/2023. Laskar Sambernyawa akan "kula nuwun" kepada suporter di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Persis Solo harus mengungsi sepanjang putaran kedua Liga 1. Mereka tak bisa memakai Stadion Manahan Solo yang dipersiapkan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Markas PSS Sleman menjadi pilihan karena lokasinya paling dekat dengan kota Solo. Selain itu, Stadion Maguwoharjo juga sudah dinilai tim risk assessment Mabes Polri.

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, mengatakan manajemen akan berkoordinasi dengan Polda DIY untuk kesiapan tahap akhir.

"Kita perlu rapat dan koordinasi yang sifatnya teknis dengan pihak Polda (DIY). Intinya membahas teknis pengamanan. Kita laporkan pengkondisian teman-teman suporter supaya bisa menjaga stabilitas selama di Yogyakarta," kata Bryan, Kamis (12/01/23) petang.

Suporter menjadi bagian penting yang tak terpisahkan. Persis Solo sudah melakukan pertemuan dengan elemen suporter Persis Solo pada Selasa (10/01/23).

Setelah ini, Persis Solo juga akan sowan ke beberapa suporter yang ada di DIY. Dari kubu suporter PSS Sleman ada Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania.

Ada pula suporter PSIM Yogyakarta, Brajamusti dan Maident. Setelah tragedi Kanjuruhan, suporter Persis Solo sudah menjalin kesepakatan damai dengan suporter PSIM.

Kesepakatan damai dari akar rumput ini yang menjadi pintu Persis Solo bisa bermarkas di kawasan DIY.

"Setelah kita lakukan koordinasi dengan kepolisian, kita akan sowan ke sana (suporter), tapi untuk saat ini komunikasi daring dengan teman-teman di sana sudah kita lakukan," papar Bryan.