Bola Internasional

On This Day: Ketika Lord Atep Gegerkan Publik Sepak Bola Asia Tenggara di Piala AFF 2007

Jumat, 13 Januari 2023 19:23 WIB
Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT/Arif Rahman
Atep dan Febri Hariyadi saat berkostum Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT/Arif Rahman
Atep dan Febri Hariyadi saat berkostum Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Salah satu pertandingan di Piala AFF 2007 menjadi cerita manis bagi legenda Persib Bandung, Atep. Sebab, saat itu dia yang baru kali pertama main di Piala AFF langsung memberikan kejutan.

Pada tahun 2007, turnamen ini berganti nama menjadi Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2007. Sebelumnya, ajang ini dinamakan Piala Tiger.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF 2007 bersama tuan rumah Singapura, Vietnam, dan Laos. Sedangkan Grup A dihuni Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Filipina.

Di laga pertama Piala AFF 2007, Timnas Indonesia bertemu Laos di National Stadium, Kallang, Singapura, pada 13 Januari 2007. Skuad asuhan Peter White di atas kertas harusnya bisa memenangkan laga dengan mudah.

Namun kenyataan di lapangan, Timnas Indonesia kesulitan meladeni permainan Laos sejak awal laga. Bahkan skuad Garuda dikejutkan gol cepat lawan yang dicetak oleh Sounthalay Xaysongkham pada menit ke-13.

Sepanjang paruh pertama, Timnas Indonesia yang diperkuat beberapa nama seperti Ilham Jaya Kesuma, Zaenal Arif, hingga Saktiawan Sinaga terlalu banyak membuang-buang peluang.

Timnas Indonesia baru bisa bangkit ketika memasuki babak kedua. Atep Rizal sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-51. 

Dalam prosesnya, gol Atep berawal dari umpan Mahyadi Panggabean di sisi kiri, bola kemudian menemui Ilham Jaya. Ilham melakukan flick untuk menyodorkan bola kepada Atep.

Bola muntah langsung kembali disambar Atep untuk menjebol gawang Laos lewat tendangan keras mendatar.

Gol Atep pun membakar skuad Timnas Indonesia untuk kembali mencetak angka. Barisan penyerang timnas mampu mengepung pertahanan Laos.