Liga Indonesia

Liga 1: Persis Solo vs Persija Jakarta di Sleman Tanpa Penonton, Ini Alasannya

Senin, 16 Januari 2023 20:19 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Persis Solo membeberkan alasan laga Liga 1 melawan Persija di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (19/01/23) tanpa penonton. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Persis Solo membeberkan alasan laga Liga 1 melawan Persija di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (19/01/23) tanpa penonton.

INDOSPORT.COM - Persis Solo membeberkan alasan laga kandang melawan Persija Jakarta pada pekan ke-19 Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis (19/1/23), digelar tanpa penonton. Hal itu murni rekomendasi dari pihak Polres Sleman.

Persis Solo harus menjadi musafir karena Stadion Manahan Solo dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Persis Solo mengambil sikap dengan memilih Stadion Maguwoharjo Sleman sebagai venue kandang pengganti.

Keputusan ini mendapat lampu hijau dari Pemkab Sleman selaku pemilik dan pengelola Stadion Maguwoharjo Sleman.

Namun dari pihak keamanan, khususnya Polda DIY, laga ini boleh dilaksanakan namun tanpa kehadiran penonton atau suporter.

Kepastian ini didapat setelah manajemen Persis Solo menggelar rapat koordinasi di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (16/01/23).

Pertemuan itu kemudian dilengkapi surat resmi dari Polres Sleman dengan nomor R/REK/6/I/Yan2.14/2023/Intelkam tentang pemberitahuan laga tanpa penonton.

Keputusan tersembun diambil setelah dilakukan penilaian terhadap risiko potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata terhadap kegiatan, dari sisi keamanan serta ketertiban umum.

Manajer tim Persis Solo, Erwin Widianto, melontarkan tanggapan terkait keputusan dari pihak keamanan.

Sebenarnya, tim ingin menjadikan laga melawan Persija Jakarta sebagai momen kembali bertemunya para pemain dengan suporter.

"Kami menyayangkan karena ini kesempatan kami dalam laga sebagai tuan rumah. Apalagi kami telah menjalani laga melawan Persija sebagai tim tamu di putaran pertama," kata Erwin, Senin (16/1/23).

"Besar harapan kami sebenarnya pertandingan dihadiri oleh suporter, karena berpengaruh di mental dan psikologis pemain," lanjut Erwin.