Liga Indonesia

Perwakilan Klub Jumpai Menpora Bahas Nasib Liga 2, Begini Sikap PSMS Medan

Senin, 16 Januari 2023 19:25 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Kemenpora RI
Perwakilan klub Liga 2, termasuk PSMS Medan, saat bertemu dengan Menpora Zainudin Amali. Copyright: © Kemenpora RI
Perwakilan klub Liga 2, termasuk PSMS Medan, saat bertemu dengan Menpora Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Sejumlah perwakilan klub Liga 2 2022-2023 yang menyatakan sikap kompetisi kasta kedua tersebut kembali bergulir akhirnya menjumpai Menpora, Zainudin Amali, di Gedung Kemenpora, Senin (16/01/23).

Selain PSMS Medan, sejumlah perwakilan klub Liga 2 lainnya yang hadir di pertemuan itu seperti Karo United, Semen Padang, PSIM Yogyakarta, Persipura Jayapura, Sulut United, Persijap Jepara, Persewar Waropen, FC Bekasi City dan lainnya, termasuk perwakilan APPI (Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia).

Dalama kesempatan itu, perwakilan PSMS yang hadir yakni Direktur Utama PT. Kinantan Medan Indonesia (KMI) yang menaungi PSMS Medan, Arifuddin Maulana Basri, dan Direktur Teknik PT. KMI, Andry Mahyar Matondang.

"Kami ucapkan terima kasih atas sambutan baik dari Menpora. Kami minta semoga Menpora bisa menjembatani atau melakukan sesuatu hal sehingga Liga 2 itu bisa kembali berputar," kata Andry Mahyar saat dikonfirmasi awak media di Medan.

Selain hajat banyak orang dalam mencari nafkah, lanjut Andry kepada Menpora, dirasa tidak adil jika hanya Liga 1 2022-2023 saja yang bergulir, sedangkan Liga 2 dan Liga 3 tidak bergulir.

"Menpora berkata, beliau akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani (dengan PSSI) agar Liga 2 kembali diputar. Seperti itulah bahasanya," ucap Andry.

Sementara Menpora, Zainudin Amali mengatakan dirinya akan berupaya mencari solusi atas penghentian Liga 2 dan Liga 3. Adapun langkah awal yang akan diambil adalah segera berkomunikasi dengan PSSI, Exco, serta pihak-pihak terkait. 

"Nah setelah saya mendengarkan itu (dari perwakilan klub Liga 2), terus kemudian saya menyampaikan saya akan mencarikan jalan keluar," ujar Zainudin Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

"Saya akan komunikasi dengan PSSI dengan Exco kemudian dengan pihak-pihak yang terkait, siapa tahu masih ada dicarikan jalan," sambungnya.

Sementara perwakilan APPI, Janes Silitonga, menegaskan pada prinsipnya para pemain hanya ingin menjalankan kewajibannya dan itu tidak ada lain caranya dengan tetap bergulirnya kompetisi.

"Ingat ya, pemain itu hanya ingin menjalankan kewajibannya, yaitu ingin berlatih dan bertanding di Liga 2 dan Liga 3. Makanya seluruh pemain di Liga 1, 2, 3, menginginkan semua bergulir seperti biasanya, tidak ada yang tidak menginginkan," tegas Janes.