In-depth

Ulang Memori di Dortmund, Jurgen Klopp Berani Ambil Langkah Ini untuk Selamatkan Liverpool?

Senin, 16 Januari 2023 15:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Lee Smith
Jurgen Klopp dan Liverpool saat ini sedang terseok-seok di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Lee Smith. Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Jurgen Klopp dan Liverpool saat ini sedang terseok-seok di Liga Inggris. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp mungkin sedang pusing dengan sepak terjang Liverpool di Liga Inggris (Premier League) yang tidak berbeda jauh satu masanya di Borussia Dortmund.

Seperti diketahui, The Reds kembali terseok-seok musim ini setelah menelan kekalahan mengejutkan dari Brighton dengan skor 0-3.

Niatnya bangkit setelah kekalahan dari Brentford awal Januari lalu, Mohamed Salah dkk justru takluk lagi di tangan tim papan tengah klasemen, Brighton.

Bahkan kali ini, mereka tidak dibiarkan mencatat satu pun gol lewat kekalahan 0-3 di markas lawan. Solly March dan Daniel Welbeck pun membuat The Reds pulang dengan wajah tertunduk.

Sampai tulisan ini dibuat, Liverpool harus ikhlas berada di peringkat sembilan klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan 28 poin dari 18 pertandingan.

Kondisi mereka pun nampak makin sulit lantaran partai berat melawan Chelsea sudah menanti di depan mata.

Meski sama-sama sedang terpuruk, Chelsea tetap musuh besar yang tidak boleh dipandang sebelah mata oleh para pemain Jurgen Klopp.

Apalagi, mereka baru saja mendatangkan amunisi-amunisi baru seperti Mykhaylo Mudryk dan Joao Felix.

Untuk mengatasi situasi pelik Liverpool ini, Jurgen Klopp mungkin harus mengambil keputusan berani, mengingat apa yang terjadi sekarang tidak berbeda jauh dengan Borussia Dortmund pada 2013-2014.

Saat itu, Die Borussen yang ditanganinya malah harus berkutat dengan ancaman zona degradasi saat pergantian tahun.