In-depth

Profil Fary Djemy Francis, Calon Ketum PSSI yang Pernah Janjikan Kedatangan Sven Goran Erikssen

Selasa, 17 Januari 2023 17:20 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Fary Djemy Francis resmi terdaftar sebagai salah satu dari lima calon ketua umum PSSI periode 2023-2027. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Fary Djemy Francis resmi terdaftar sebagai salah satu dari lima calon ketua umum PSSI periode 2023-2027.

INDOSPORT.COM - Fary Djemy Francis resmi terdaftar sebagai salah satu dari lima calon ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Ia akan bersaing degan Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, Erick Thohir, dan mantan ketum PSSI medio 2015 yakni La Nyalla Mattaliti.

Namanya mungkin masih terdengar asing bagi pencinta sepak bola Indonesia tetapi sebenarnya Fary sudah berkecimpung cukup lama di pemerintahan dan sepak bola akar rumput Tanah Air.

Lahir di Watampone, Sulawesi Selatan, 51 tahun yang lalu, Fary adalah seorang penikmat olahraga 11 lawan 11. Ia mendukung Juventus sebagai kesebelasan favorit.

Bahkan Fary sempat bertindak sebagai pembina kelompok suporter I Bianconeri di Kupang, Nusa Tenggara Timur, di mana ia berdomisili.

Di sela-sela kesibukannya sebagai politisi Partai Gerindra yang membawanya ke kursi DPR RI periode 2014-2019, Fary Djemy Francis pun tetap punya waktu untuk berkecimpung dalam sepak bola.

Tidak cuma bergabung dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI kota Kupang saja di 2009, ayah tiga anak tersebut juga rajing menggelar kompetisi amatir dan mendirikan akademi.

Liga Desa Nasional Kementerian Desa pada 2015 silam adalah salah satu ajang yang diinisiasinya. Pada tahun yang sama Fary pun turut dalam pembentuakn SSB Bintang Timur Atambua NTT.

Setahun berselang giliran festival sepak bola usia dini untuk daerah perbatasan Indonesia dan Timor Leste di NTT. Kompetisi tersebut dapat diikuti oleh tim kategori U-8 hingga U-16.

Agenda tersebut turut diramaikan dengan partai persahabatan antara legenda timnas Indonesia, legenda timnas Timor Leste, juga NTT All-Star.