In-depth

Theerathon Bunmathan, Phillipp Lahm dari Thailand si MVP Piala AFF 2022

Selasa, 17 Januari 2023 19:43 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak bisa dipungkiri jika Theerathon Bunmathan adalah kunci sukses Thailand menjuarai Piala AFF 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak bisa dipungkiri jika Theerathon Bunmathan adalah kunci sukses Thailand menjuarai Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Tidak bisa dipungkiri jika Theerathon Bunmathan adalah kunci sukses Thailand menjuarai Piala AFF 2022.

Perannya tidak hanya sebatas sebagai kapten tim saja namun pemain 32 tahun itu adalah nyawa sebenarnya permainan The War Elephants.

Tanyakan saja pada Vietnam, lawan Thailand di final, bagaimana mengerikannya seorang Theerathon.

Sejak fase grup Piala AFF 2022, gawang Vietnam sama sekali belum pernah kebobolan. Padahal mereka sempat bertemu dengan Singapura dan juga Malaysia yang jelas bukan tim lemah.

Pada babak semifinal pun The Golden Star Warriors pun dihadang oleh timnas Indonesia namun anak-anak asuh Park Hang-seo tetap bisa melenggang ke partai puncak dengan agregat 2-0 dari dua leg.

Barulah saat jumpa Theerathon dan Thailand keperawanan gawang Vietnam yang dikawal Dang Van Lam pecah. Sejak leg pertama sang bintang kidal sudah menunjukkan daya magisnya lewat sepasang assist.

Dari posisi yang amat dalam, Theerathon Bunmathan seolah tidak kesulitan sama sekali melepas umpan daerah untuk dikejar Poramet Arjvirai yang dapat berbuah gol pertama Thailand di menit ke-48.

Assist-nya untuk gol kedua Thailand pun tidak kalah jenius dimana penggawa Buriram United itu lagi-lagi menunjukkan jika ia punya visi bermain di atas rata-rata pemain Asia Tenggara.

Hanya butuh satu sentuhan saja Theerathon bisa mengirim operan terobosan yang dalam sekejap bisa membelah pertahanan Vietnam sekaligus membidani lesakan Sarach Yooyen.

Theerathon kemudian menutup gelaran Piala AFF 2022 dengan sebuah gol vital yang menentukan kemenangan agregat 3-2 Thailand atas Vitenam via satu tembakan geledek kaki lemahnya dari jarak jauh. Tak cuma trofi juara Piala AFF 2022, titel MVP alias pemain terbaik pun dapat digondolnya pulang.