Liga Indonesia

Duet Erick Thohir-Zainudin Amali Dinilai Cocok Pimpin PSSI

Rabu, 18 Januari 2023 20:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di kantor PSSI GBK Arena, Minggu (15/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di kantor PSSI GBK Arena, Minggu (15/01/23).

INDOSPORT.COM - Dua menteri aktif yakni Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Zainudin Amali (Menpora) diketahui ikut maju dalam pemilihan bakal calon ketua umum dan wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Erick Thohir telah mendaftar sebagai bakal calon ketua umum PSSI pada Minggu (15/01/23) dan diusung oleh 60 voter, baik dari Asprov, Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Sedangkan Menpora maju sebagai bakal calon dan mendaftar pada Senin (16/01/23).

Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) meyakini jika Erick Thohir dan Zainudin Amali berduet untuk memimpin PSSI, maka akan membawa perubahan signifikan bagi PSSI dan sepakbola Indonesia.

"Erick Thohir - Zainudin Amali merupakan duet maut yang akan membawa perubahan bagi PSSI dan Sepakbola Indonesia. Ditangan keduanya, sepakbola Indonesia akan disegani dilevel Asia," ujar Bintang Wahyu Saputra, Ketua Umum PB. SEMMI.

Bintang menyatakan, Erick Thohir bukan orang baru dalam sepak bola. Namanya sudah dikenal di seantero dunia sejak ia mengakuisisi klub Seri A Italia, Inter Milan.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga punya saham mayoritas di DC United, klub sepak bola Liga Amerika Serikat. Lalu ia juga miliki saham di klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United.

Erick Thohir juga dikatakan memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Ia sukses sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) 2018.

"Dunia mengenal Erick Thohir sebagai Presiden Inter Milan, klub Seri A papan atas Italia. Erick juga pernah memiliki klub sepak bola Amerika," kata Bintang.

Sedangkan Zainudin Amali, lanjut Bintang, tidak lain adalah Menteri Pemuda dan Olah Raga yang diketahui memberikan perhatian khusus kepada dunia olahraga.

"Saat ini Erick bersama Kaesang Pangarep jadi pemilik Persis Solo. Jadi, jika pemilik suara di Kongres Luar Biasa PSSI ingin perubahan nyata maka Erick Thohir - Zainudin Amali, jawabannya," paparnya.