Bola Internasional

Jangan Buru-buru Pecat, 3 Alasan Shin Tae-yong Masih Layak Dipertahankan Timnas Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 05:54 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Meskipun Shin Tae-yong belakangan ramai diterpa isu pemecatan, ia sepertinya masih layak diberi kesempatan lagi untuk terus menangani Timnas Indonesia.

Banyak suporter Timnas Indonesia mulai mempertanyakan kapasitas Shin Tae-yong. Hal itu dikarenakan Shin Tae-yong gagal bawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2022. 

Padahal Shin Tae-yong sudah pernah memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Saat itu, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia masuk final Piala AFF 2020.

Dengan komposisi skuad hampir mirip, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong diharapkan bisa juara Piala AFF 2022. Namun sayang, Timnas Indonesia bahkan gagal ke final Piala AFF 2022.

Kegagalan itu membuat banyak suporter Timnas Indonesia mulai ragu dengan Shin Tae-yong. Sehingga banyak suporter Timnas Indonesia yang mulai minta Shin Tae-yong agar diganti saja.

Mengingat di tangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tetap gagal juara Piala AFF meski sudah ada 2 kesempatan. Hal itu membuat posisi Shin Tae-yong di kursi pelatih Timnas Indonesia pun makin sulit.

Namun jika ditilik lebih jauh, sebenarnya Shin Tae-yong sepertinya masih bisa dan layak diberi kesempatan oleh PSSI. Mengingat dalam beberapa tahun terakhir, ada berbagai prestasi yang ditorehkan Shin Tae-yong.

Setidaknya ada 3 alasan yang membuat Shin Tae-yong layak dipertahankan sebagai pelatih Timnas Indonesia. Apa saja?