Liga Inggris

Siap Beli Manchester United, Intip Sumber Kekayaan ‘Raja Minyak’ Inggris Sir Jim Ratcliffe

Rabu, 18 Januari 2023 11:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Mengintip sumber kekayaan Sir Jim Ratcliffe, orang terkaya di Inggris yang ingin membeli Manchester United dari keluarga Glazer. Copyright: © Getty Images
Mengintip sumber kekayaan Sir Jim Ratcliffe, orang terkaya di Inggris yang ingin membeli Manchester United dari keluarga Glazer.

INDOSPORT.COM – Mengintip sumber kekayaan Sir Jim Ratcliffe, orang terkaya di Inggris yang ingin membeli raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United dari keluarga Glazer.

Sosok Sir Jim Ratcliffe kembali mencuat ke permukaan menyusul rencananya mengajukan penawaran resmi untuk membeli Manchester United.

Manchester United, beberapa waktu lalu, memang dirumorkan akan dijual keluarga Glazer. Sang pemilik akan membuka penawaran pada pertengahan Februari 2023 mendatang.

Keputusan menjual Setan Merah ini menjadi jawaban keluarga Glazer atas tuntutan dan protes yang selama ini dilayangkan pendukung Manchester United.

Berdasarkan laporan dari Telegraph, disampaikan pemilik raksasa petrokimia Ineos itu siap mengajukan penawaran setelah pernyataan dari Glazer mengundang minat.

“Secara resmi kami telah memasukkan diri kami ke dalam proses,” kata juru bicara Ineos dikutip dari Telegraph.

Bisa dibilang, ini merupakan upaya kedua Ratcliffe untuk memiliki pemenang lima kali trofi Liga Inggris tersebut. Dia pernah melakukannya tahun lalu tetapi gagal terwujud.

Bahkan, sebelum berencana membeli Man United, Ratcliffe sempat terlibat dalam perang penawaran membeli Chelsea dari Roman Abramovic tetapi kalah saing dengan Tod Boehly.

Untuk membeli Man United, Ratcliffe siap melakukan perang penawaran dengan sejumlah peminat serius dari serius dari Timur Tengah, Asia, dan Amerika Serikat.

Lantas, siapakah sosok Sir Jim Ratcliff? Darimana saja sumber kekayaannya yang bernilai 15 miliar pounds (Rp279 triliun), hingga mendorongnya berani menawar Manchester United?