Bola Internasional

Drawing Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023: Timnas Indonesia Satu Grup dengan Jepang

Kamis, 19 Januari 2023 18:11 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia Sepak Bola Pantai AFF 2018 Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia Sepak Bola Pantai AFF 2018

INDOSPORT.COM – Drawing Piala Asia Sepak Bola Pantai tahun 2023 ini sajikan Indonesia yang tergabung bersama dengan Jepang.

Piala Asia Sepak Bola Pantai ini akhirnya kembali dihelat dan diikuti oleh 16 tim yang mana kompetisi ini bakal dihelat di Thailand.

Edisi terakhir dari ajang tersebut diadakan pada 2019 lalu dan pada 2023 ini kembali digelar seusai sempat batal pada 2021 lalu lantaran merebaknya virus Covid-19.

Terdapat lima tim unggulan teratas dalam Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023 ini, antara lain, Thailand yang bertindak sebagai tuan rumah, ada juga Jepang yang sudah juara tiga kali.

Uni Emirat Arab (UEA) menempati posisi unggulan ketiga dan negara tersebut telah memenangi ajang ini sebanyak dua kali serta diikuti oleh Oman di urutan keempat dan Palestina di urutan kelima.

Untuk drawing ini, pot 1 diisi oleh empat unggulan teratas, yaitu Thailand (tuan rumah), Jepang (juara bertahan), UEA (runner-up edisi 2019), dan Oman (semifinalis edisi 2019).

Pot 2 dihuni oleh Palestina, Lebanon, Iran, dan Bahrain. Iran sudah pernah menjuarai turnamen ini sebanyak dua kali, sedangkan Bahrain adalah juara edisi pertama ajang ini pada 2006 silam.

Pot 3 dihuni oleh Malaysia, China, Kuwait, dan Afganistan. Indonesia tergabung di pot 4 bersama Kirgistan, Arab Saudi, dan Uzbekistan.

Sementara itu, Indonesia tergabung ke Grup C bersama Jepang, Lebanon, dan China di Piala Asia Sepak Bola Pantai pada tahun 2023 ini.

Juara, runner-up, dan peraih tempat ketiga ajang ini nantinya bakal lolos ke Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2023. Berikut perincian drawing Piala Asia Sepak Bola Pantai 2023 ini.