Liga Indonesia

Update Kelengkapan Data Bakal Calon Ketum, Waketum dan Exco PSSI: Iwan Budianto Resmi 'Tersingkir'

Kamis, 19 Januari 2023 21:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Waketum PSSI, Iwan Budianto, pantau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/11/20). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Waketum PSSI, Iwan Budianto, pantau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/11/20).

INDOSPORT.COM - Ketua Komite Pemilihan (KP) kepengurusan PSSI periode 2023-2027, Amir Burhanuddin menyampaikan update terbaru soal kelengkapan data bakal calon Ketua Umum, Wakil Ketua dan Komite Eksekutif (Exco). Ada beberapa nama yang sudah tersingkir karena administrasinya tidak lengkap.

Amir menjelaskan, untuk bakal calon Ketum PSSI tidak ada masalah dalam hal kelengkapan dokumen. Lima kandidat yang mencalonkan diri sudah sesuai persyaratan.

Sementara untuk Waketum, ada 15 nama yang sudah sesuai syarat dan hanya satu nama yang harus lengkapi berkas. Sedangkan empat nama lainnya tidak perlu dimintai kelengkapan dokumen karena dianggap sudah tidak diperlukan.

Empat nama tersebut alasannya adalah sudah menyatakan tidak ingin dicalonkan  yakni Iwan Budianto. Lalu tiga nama lainnya tidak disertai pernyataan bersedia dicalonkan atau dicalonkan sehingga dianggap tidak perlu lagi dikonfirmasi. 

"Untuk lima bakal calon ketua umum berkas semuanya lengkap. Waketum terdapat 15 lengkap, 1 orang yang kita kasih tau kekurangan dokumennya," kata Amir Burhanuddin.

"Lalu empat lainnya (Waketum) tak perlu dikonfirmasi lagi karena yang bersangkutan secara tegas menyatakan tidak maju lagi, contohnya Iwan Budianto. Tiga lainnya tak ada lembar kesediaan jadi tak perlu kita konfirmasi lagi," imbuhnya.

"Yang kita kasih tau itu cuma yang telah menyatakan kesediaan jadi calon dan mendapat dukungan," tambah Amir.

Sementara itu, dari 83 bakal calon Exco yang mendaftar, hanya 41 nama yang sudah lengkap dokumennya. 13 nama masih harus melengkapi dan 29 nama sudah tidak perlu dikonfirmasi.

"Untuk exco ada 41 berkas lengkap, 13 nama kita minta lengkapi berkasnya dan ada 29 nama tak perlu kita beritahukan karena kasusnya sama yakni yang bersangkutan tak berikan lembar kesediaan atau bersedia tapi tak dapat dukungan satu pun dari anggota PSSI maka itu tak perlu kita beritahukan," jelas Amir.

Lebih lanjut, Ketua KP mengatakan proses pelengkapan dokumen akan berlangsung hingga 21 Januari 2023. Setelah itu, KP akan lakukan verifikasi data dan persyaratan jadi Ketum, Waketum dan Exco PSSI.