Liga Indonesia

Bakal Meriah, Pembukaan Piala Dunia U-20 Dipercayakan ke Wishnutama

Jumat, 20 Januari 2023 19:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan didampingi perwakilan FIFA dan AFC resmi membuka Kongres Biasa PSSI di Hotel Sultan, Minggu (15/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan didampingi perwakilan FIFA dan AFC resmi membuka Kongres Biasa PSSI di Hotel Sultan, Minggu (15/01/23).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan pembukaan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akan dibuka secara meriah. FIFA sudah mengizinkan Indonesia untuk mengemasnya semenarik mungkin.

Seperti diketahui Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Ada enam kota yang menjadi tuan rumah yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Bali, Surabaya dan Solo. 

Ada enam stadion yang ditetapkan FIFA yakni Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Manahan, Kapten I Wayan Dipta, Si Jalak Harupat dan Jakabaring.

Awalnya, FIFA tidak menyiapkan acara meriah di pembukaan Piala Dunia U-20 2023 karena biasanya pertandingan pertama sekaligus jadi penanda atau pembuka kejuaraan dua tahunan tersebut.

Presiden FIFA, Gianni Infantino akhirnya memberikan lampu hijau setelah Presiden RI, Joko Widodo berbicara langsung dengannya. 

"Yang meriahkan itu pembukaannya. Tadinya kan tidak ada, lalu oleh Presiden FIFA diizinkan," kata Menpora.

Agar pembukaan Piala Dunia U-20 2023 lebih meriah, Menpora yang juga ketua panitia Organizing Committee (INAFOC) mengatakan pemerintah menyerahkan konsepnya ke Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama sebelumnya sukses membuat pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 di Indonesia berlangsung mewah dan meriah.

Pada November 2022, Wishnutama juga mendapat sorotan dari pemimpin dunia lantaran sukses merancang acara makan malam yang megah dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali.

"Itu yang akan menangani Pak Wishnutama. Itu expert di bidangnya, sudah teruji. Kita nunggu (konsep dan lainnya) dalam rapat terbatas nanti," jelas Menpora.