Liga Italia

Boom! Juventus Resmi Kena Pengurangan 15 Poin, Sejumlah Petinggi Dijerat Sanksi

Sabtu, 21 Januari 2023 04:23 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Juventus dikabarkan bersalah atas skandal ‘plusvalenza’ dan manipulasi laporan keuangan, yang membuat raksasa Serie A itu mendapat sejumlah sanksi. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Juventus dikabarkan bersalah atas skandal ‘plusvalenza’ dan manipulasi laporan keuangan, yang membuat raksasa Serie A itu mendapat sejumlah sanksi.

INDOSPORT.COM – Juventus dikabarkan bersalah atas skandal ‘plusvalenza’ dan manipulasi laporan keuangan, yang membuat raksasa Liga Italia itu mendapat sejumlah sanksi.

Melansir laporan dari Fabrizio Romano melalui Twitter, disampaikan bahwa Juventus akan menerima pengurangan 15 poin.

Hanya saja, raksasa Serie A itu masih bisa mengajukan banding ke CONI Guarantee College.

Juga turut dilaporkan bahwa mantan direktur Fabio Paratici yang kini menjabat sebagai direktur Tottenham Hotspur akan menerima skors selama 2,5 tahun.

Selain itu, Andrea Agnelli dan Maurizio Arrivabene masing-masing mendapatkan skors selama 2 tahun.

Sedangkan, Pavel Nedved dan Federico Cherubini masing-masing menerima skors selama 8 bulan dan 1,4 tahun.

Hal tersebut terjadi karena penuntut FIGC Serie A memutuskan jika Juventus terbukti melakukan pelanggaran keuntungan modal atau yang dikenal dengan ‘Plusvalenza’.

Kasus itu sejatinya dilaporkan terjadi pada dua tahun yang lalu, di mana COVISOC, badan pengawas Serie A telah melakukan investigasi terkait kesepakatan yang melibatkan nilai transfer pemain.

Berangkat dari sana, ditemukan sejumlah pelanggaran seperti, pemalsuan laporan tahun finansial 2018/19 sampai 2020/21.

Masalah tersebut dilakukan lewat keuntungan modal fiktif dari transfer dan peminjaman pemain serta penghematan fiktif dari hasil pemotongan gaji pemain Juventus.