Liga Indonesia

Soroti Voters, Erick Thohir Bicara Peluangnya Menang Jadi Ketum PSSI

Sabtu, 21 Januari 2023 18:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di kantor PSSI GBK Arena, Minggu (15/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di kantor PSSI GBK Arena, Minggu (15/01/23).

INDOSPORT.COM - Bakal calon ketua umum PSSI, Erick Thohir, bicara kans menang pada Kongres Luar Biasa (KLB), 16 Februari 2023. Segala kemungkinan bisa terjadi karena 87 voters KLB PSSI tak bisa dipaksa.

Erick Thohir menjadi kandidat kuat ketua umum PSSI periode 2023-2027. Dia mendapat dukungan penuh dari voters yang berstatus pendiri PSSI, seperti Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persis Solo hingga PSIM Yogyakarta.

Namun, voters bukan sekadar dari 18 klub Liga 1 dan 16 klub Liga 2 saja. Ada juga 16 klub Liga 3 dan 34 voters Asosiasi Provinsi (Asprov) yang tak banyak muncul ke permukaan, tapi bisa menjadi penentu kemenangan.

Maka, jika ditanya tentang peluang memenangkan pertarungan menjadi PSSI 1, Erick Thohir belum bisa memastikan. Semua hal bisa terjadi pada 16 Februari nanti.

"Kalau misal para voters hatinya sama kayak saya, membangun sepak bola bersih, sepak bola pemersatu, ya ayo," kata Erick Thohir saat peresmian Taman Pracima, Mangkunegaran, Solo, Sabtu (21/01/23).

Selain Erick Thohir, ada empat calon lain yang sudah ditetapkan sebagai bakal calon ketua umum. Mulai dari Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, Fary Djemy Francis dan La Nyalla Mattalitti.

Dari empat nama itu, La Nyalla dan Fary Djemy disebut-sebut sebagai calon kuat pesaing Erick Thohir.

"Sekarang ada lima calon, ya bagus, nanti kita dengar (visi misinya)," ujar mantan presiden Internazionale Milano ini.

Meski namanya cukup diunggulkan, Erick Thohir menilai segala sesuatu bisa terjadi. Menurutnya, 87 voters merupakan penentu figur ketua umum PSSI periode 2023-2027.

"Yang menang kita hormati, yang kalah legawa. Bukan tidak mungkin saya yang kalah, namanya juga pemilihan. Emang bisa kita maksa voters? (untuk memilih), enggak bisa," ucap Erick Thohir.