Liga Indonesia

Berisiko, Ini Alasan Luis Milla Mainkan Rachmat Irianto di Babak 2 Madura vs Persib

Minggu, 22 Januari 2023 16:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung di Liga 1, Rachmat Irianto, saat menjalani latihan di bawah asuhan Luis Milla. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung di Liga 1, Rachmat Irianto, saat menjalani latihan di bawah asuhan Luis Milla.

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Rachmat Irianto, tampil sebagai pemain pengganti saat laga tandang Liga 1 2022-2023 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Jumat (20/01/23).

Pada pertandingan tersebut, pemain yang menggunakan nomor punggung 53 ini masuk di babak kedua menggantikan Frets Butuan.

Pelatih Persib, Luis Milla, membeberkan alasan memasukkan Rachmat Irianto di babak kedua. Menurutnya, sebelumnya pemain berusia 23 mengalami cedera usai membela Timnas Indonesia.

Sehingga, selama masa persiapan untuk menghadapi Madura United, tim pelatih dan dokter tim Persib, Rafi Ghani terus memantau kondisi dan kesiapan Rachmat Irianto.

"Mengenai Rian, Rian kembali ke klub dari tim nasional dalam kondisi yang cedera. Kami menantikan perkembangan kondisinya hingga pagi hari (sebelum pertandingan) dan hingga sore hari mengenai kemungkinan menurunkannya di starting line-up atau bermain di babak kedua," kata Luis Milla.

Melihat kondisi dan kesiapan Rachmat Irianto, Luis Milla memutuskan untuk tidak menurunkannya sejak awal pertandingan, karena tak ingin mengambil risiko.

"Lalu saya memutuskan untuk tidak menurunkannya sejak menit pertama, karena tidak mau mengambil risiko jika dia harus kembali mengalami cedera," jelasnya.

Saat pertandingan berlangsung, Luis Milla bersama dokter tim Persib kembali memantau kondisi dan kesiapan Rachmat Irianto. Akhirnya, diputuskan untuk diturunkan pada babak kedua.

Pasalnya, tim membutuhkan tenaga Rachmat Irianto dan yang bersangkutan kondisinya sudah siap untuk bertanding. 

"Lalu di babak kedua, kami bermasalah pada sisi kiri dan harus melakukan pergantian. Dan saya rasa untuk main selama 45 menit, saya juga sudah bicara dengan dokter, dia (Irianto) memungkinkan untuk bermain," ucapnya.

Luis Milla juga bersyukur, lantaran setelah pertandingan menghadapi Madura United, Rachmat Irianto bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan kondisinya tetap bugar.

"Saya sangat senang karena dia tidak terkena cedera lainnya," ungkap pelatih asal Spanyol ini.