Liga Inggris

Pantas Arsenal Perkasa di Liga Inggris, Ternyata Mikel Arteta Pakai Strategi Rahasia Ini

Selasa, 24 Januari 2023 13:02 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/David Klein
Mikel Arteta saat ini sukses bersama Arsenal di Liga Inggri 2022-2023. Foto: Reuters/David Klein. Copyright: © Reuters/David Klein
Mikel Arteta saat ini sukses bersama Arsenal di Liga Inggri 2022-2023. Foto: Reuters/David Klein.

INDOSPORT.COM - Cesc Fabregas menilai bahwa kesuksesan Arsenal menggagahi Liga Inggris (Premier League) 2022-2023 tak luput dari strategi rahasia Mikel Arteta merombak tim.

Fabregas mengungkapkan, bahwa Mikel Arteta berhasil melakukan reformasi kultural dan mentalitas Arsenal. Satu di antaranya yakni perubahan di pusat latihan.

Menurutnya, Mikel Arteta melakukan perubahan 95 persen di pusat latihan Arsenall. Namun tak hanya soal gagasan itu, Fabregas juga menilai bahwa sang juru taktik juga berhasil menyatukan visi misi klub.

"Banyak pesan-pesan positif di tempat latihan, fasilitas dan peralatan jauh lebih besar serta lebih baik, lapangan dan semuanya," ungkapnya, dikutip dari Sky Sports.

Secara tidak langsung, Mikel Arteta membakar semangat para pemain The Gunners dengan menempatkan simbol Premier League di pintu masuk pelatihan.

Hal itu dimaksudkan, bahwa Arsenal harus membawa gelar juara Liga Inggris musim ini.

"Setiap hari pemain masuk, mereka melihat logo Premier League tapi cuma simbolnya, ini menjadi sebuah pesan dan menginspirasi setiap hari untuk kesana dan membuktikan bahwa Anda ingin mendapatkan trofi Premier League," kata eks gelandang Arsenal itu.

Sejak pelatih 40 tahun itu menduduki kursi kepelatihan Arsenal, menggantikan Unai Emery, ia sejak awal membedah mental klub yang sebelumnya melempem.

Mikel Arteta, lanjut Fabregas, melakukan hal yang sangat luar biasa, tidak hanya dari urusan strategi di lapangan, tapi soal mental juara yang ditempa sedini mungkin.

"Saya pikir dia mengubah mental klub sejak Arsen pergi dan yang ia lakukan itu luar biasa," tutur Cesc Fabregas.