In-depth

Mengingat Terakhir Kali Newcastle United Main di Liga Champions: Erling Haaland Masih Balita

Minggu, 29 Januari 2023 17:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Action Images via Reuters/Lee Smith
Newcastle United sudah lama tidak tampil di Liga Champions. Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith. Copyright: © Action Images via Reuters/Lee Smith
Newcastle United sudah lama tidak tampil di Liga Champions. Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Newcastle United saat ini sedang disorot publik lantaran sepak terjangnya yang menjanjikan, bahkan sampai menyodok masuk zona Liga Champions.

Sampai tulisan ini dibuat, The Magpies bertengger di peringkat tiga klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan raihan 39 poin dari 20 pertandingan.

Posisi tersebut jelas belum aman mengingat Manchester United masih menempel ketat di peringkat empat dengan jumlah poin sama.

Meski begitu, apa yang sudah dicapai Newcastle United musim ini layak mendapat atensi lebih dari para suporter dan penikmat kompetisi Liga Inggris.

Kehadiran mereka sebagai pesaing di tiga besar tidak ayal membuat persaingan di zona Eropa makin menarik.

Bukan tidak mungkin, Newcastle United akan kembali bermain di Liga Champions musim depan, usai tidur panjang di level ini selama bertahun-tahun lamanya.

Bahkan jika harus mengingat kapan terakhir kali mereka bermain di kompetisi elite UEFA tersebut, orang-orang terpaksa kembali ke musim 2003-2004.

Ya, saat itu top skor Liga Inggris 2022-2023, Erling Haaland, saja masih balita dan mungkin baru belajar mengenal benda bernama bola yang harus ia mainkan dengan kakinya.

Saat bintang masa depan Manchester City itu baru pindah ke Norwegia, Newcastle United justru berkutat dengan prestasi yang tidak terlalu cemerlang di Eropa.

Pada musim 2003-2004, langkah mereka di Liga Champions terhenti di kualifikasi ketiga usai digebuk klub asal Serbia, Partizan Belgrade.