Bola Internasional

5 Kehebatan Ozil Selama Bela Timnas Jerman, Pantaskah Dihujat?

Rabu, 1 Februari 2023 02:36 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Stringer
Mesut Ozil di Istanbul Basaksehir. Foto: REUTERS/Stringer. Copyright: © REUTERS/Stringer
Mesut Ozil di Istanbul Basaksehir. Foto: REUTERS/Stringer.

INDOSPORT.COM - Siapa yang tidak kenal Mesut Ozil, mungkin salah satu dari gelandang serang terbaik yang pernah bela Timnas Jerman. Namun karirnya sungguh tragis.

Mesut Ozil memang belumlah menyudahi karirnya sebagai pemain sepak bola. Dia sekarang masih aktif bermain di Liga Turki. 

Lebih tepatnya di klub Basaksehir sejak musim panas 2022 kemarin, setelah kontraknya tidak dilanjutkan oleh Fenerbahce. 

Sejatinya, sebelum membela Fenerbahce, Ozil juga pernah membela klub-klub top Eropa seperti Arsenal dan Real Madrid. 

Meski pernah membela dua klub top tersebut, ternyata akhir karirnya di tim nasional Jerman tidak seglamour yang kalian pikirkan. 

Bahkan Ozil mengeluarkan pengakuan seusai dirinya diumumkan pensiun dari Timnas Jerman di usia 29 tahun, pada 2018 lalu. 

"Perlakuan yang kuterima dari DFB dan banyak pihak lainnya membuatku tidak ingin lagi mengenakan kaus Timnas Jerman. Aku merasa tidak diinginkan dan berpikir bahwa apa yang sudah kucapai sejak debut internasionalku pada 2009 sudah dilupakan," ujar Ozil dikutip dari Independent.

Perlakuan yang dimaksud oleh sang pemain ialah hujatan dari masyarakat Jerman terhadap fotonya bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. 

Bahkan foto ini pun mengundang komentar pedas dari Presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel. Menurutnya, Ozil dan juga Ilkay Gundogan telah bersikap tidak hormat kepada Jerman. 

Saat itu, seharusnya Ozil tidak mendapatkan hujanan hujatan seperti itu, jika kita mengingat 5 bukti kehebatannya selama membela bendera Jerman di bawah ini.