Liga Indonesia

Sepakbola Tanah Air Berduka, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo Meninggal Dunia

Rabu, 1 Februari 2023 23:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© pssi.org
Pelatih legendaris yang pernah menukangi timnas Indonesia dan sejumlah klub lainnya, Benny Dollo, berpulang pada Rabu (01/02/23). Copyright: © pssi.org
Pelatih legendaris yang pernah menukangi timnas Indonesia dan sejumlah klub lainnya, Benny Dollo, berpulang pada Rabu (01/02/23).

INDOSPORT.COM - Dunia sepakbola dalam negeri diterpa kabar duka. Pelatih legendaris yang pernah menukangi timnas Indonesia dan sejumlah klub lainnya, Benny Dollo, berpulang pada Rabu (01/02/23).

Kabar meninggalnya sang juru taktik mulai tersebar setelah mantan kapten skuad Garuda, Firman Utina, mengunggah ucapan belasungkawa di Instagram.

"Selamat jalan om Benny Dollo," tulis Firman singkat dalam kolom caption sembari menunjukkan foto mereka berdua saat sama-sama masih aktif sebagai pemain dan pelatih.

Masih belum diketahui apa penyebab pria yang akrab disapa coach Bendol tersebut menghembuskan nafas terakhirnya karena belum ada informasi dari keluarga dan orang-orang terdekat saat berita ini ditulis.

Namun yang jelas Benny memang sudah berusia lanjut, 72 tahun, yang mana jadi salah satu alasan ia tidak pernah menukangi kesebelasan profesional lagi sejak 2016 silam.

Pada awal Juli 2022 lalu ia sempat menkalani perawatan di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang.

Menurut keterangan dari pihak RS kala itu Benny Dollo mengalami sesak nafas dan juga sejumlah gejala sakit yang lain seperti gangguan ekskresi hingga muntah-muntah.

Hanya saja sekali lagi perlu ditekankan jika penyakit yang sama belum tentu menjadi alasan meninggalnya manajer kelahiran Manado, Sulawesi Selatan, itu.

Yang jelas nama Benny Dollo akan selalu dikenang sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dilahirkan oleh negeri ini.

Pengalaman memegang timnas Indonesia lebih dari satu periode dan juga sejumlah klub besar tanah air lainnya menjadi bukti sahih kehebatannya di technical area.