Liga Indonesia

Terkuak! Kapten Timnas Wanita, Shafira Ika Putri Ternyata Pernah jadi Atlet Bulutangkis

Sabtu, 4 Februari 2023 13:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram@shafiraikaputri13
Shafira Ika Putri saat berlatih bersama Persis Solo Women. Foto: Instagram@shafiraikaputri13 Copyright: © Instagram@shafiraikaputri13
Shafira Ika Putri saat berlatih bersama Persis Solo Women. Foto: Instagram@shafiraikaputri13

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Wanita Indonesia, Shafira Ika Putri ternyata pernah menjadi atlet bulutangkis, sebelum banting setir ke dunia sepak bola.

Sebagaimana diketahui, Shafira Ika Putri adalah salah satu ikon sepak bola wanita di Indonesia. Selain wajahnya yang menawan, kemampuannya di lapangan juga memukau.

Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) mengupas profil Shafira Ika Putri Kartini, pemain sepak bola wanita yang lahir tepat di Hari Kartini, pada 21 April 2003 lalu.

ASBWI mengungkapkan bahwa Shafira atau yang akrab disapa Ika, sudah gemar dengan olahraga sejak ia berumur 11 tahun, pada saat duduk di bangku sekolah dasar.

"Awalnya Ika adalah atlet badminton, kemudian ia berhenti karena mengalami cedera pada pergelangan tangan," tulis akun Instagram ASBWI.

Meski mengalami cedera, Shafira Ika Putri tetap tertarik berolahraga. Melihat sang adik menjajal sepak bola, Ika pun ikut memainkan si kulit bundar.

Tak tanggung-tanggung, Shafira Ika Putri tercatat sebagai pemain di Sekolah Sepak Bola (SSB), padahal kawan-kawan yang berlatih di sana adalah laki-laki semua.

Faktanya, sama seperti pesepak bola wanita lainnya, Shafira juga awalnya sulit mendapatkan restu orang tua untuk lanjut berkarir sebagai atlet, terutama sang ibu.

Namun, berkat kegigihannya mengikuti banyak turnamen dan talent scouting, bakat Shafira pun tercium hingga ia masuk Timnas Wanita Indonesia.

Pencapaian itu adalah tiket mutlak bagi Shafira untuk mendapatkan restu orang tua, menjadi pesepak bola wanita profesional.