Liga Indonesia

Kangen Mudik ke Liga 1, Pepatah Kuno Ini Bikin Asnawi Mantap ke Jeonnam Dragons

Minggu, 5 Februari 2023 20:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Copyright: © Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

INDOSPORT.COM - Bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, ternyata sempat jatuh mental setelah gagal menampilkan performa terbaiknya di Piala AFF 2022. Dia bahkan ingin pulang kampung dan bermain di Liga 1 Indonesia.

Saat membela timnas di Piala AFF 2022, Asnawi masih bermain di Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners. Dia bahkan mempertimbangkan untuk pulang kampung usai kejuaraan dua tahunan itu.

Agen Asnawi, Gabriel Budi mengakui, kliennya ingin kembali bermain di Liga 1 Indonesia. Tapi, Gabriel Budi berusaha keras untuk mencegahnya. 

Eks PSM Makassar itu dinasehati supaya tetap coba peruntungan di Korea Selatan. Karena jika memutuskan pulang ke Tanah Air, pintu untuk ke liga yang levelnya lebih tinggi dipastikan tertutup. 

"Tentang keinginan Asnawi balik ke Liga Indonesia setelah dia down setelah kalah di Piala AFF, saya ada bilang 'Nawi, kamu bisa balik ke Indonesia kapan pun setelah sukses di luar," kata Gabriel Budi.

"Kalau balik ke Indonesia sekarang, sulit untuk kembali ke liga luar yang levelnya lebih tinggi dari di sini," imbuhnya, Minggu (5/2/23).

Gabriel Budi mengingatkan Asnawi supaya mencontoh leluhurnya di Sulawesi Selatan. Ada peribahasa Bugis yang cocok untuk memotivasi bek berusia 23 tahun itu, yakni pura babbara sompe’ku’, pura tangkisi’ golikku, ulebbirenni tellennge nato’walie.

Peribahasa tersebut mengartikan, jika layar sudah terkembang, kemudi sudah terpasang, maka lebih baik tenggelam dari pada surut langkah.

"Seperti pepatah orang Bugis, kalau layar sudah terkembang, pantang bagi mereka pulang sebelum sukses di negeri orang," ujar Gabriel Budi.