Liga Indonesia

Nasib Ronaldo Kwateh Ditentukan Pekan Depan, Segera Main di Liga Turki?

Minggu, 5 Februari 2023 18:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© MO Madura United
Pemain Madura United Ronaldo Kwateh saat latihan bersama timnya. Copyright: © MO Madura United
Pemain Madura United Ronaldo Kwateh saat latihan bersama timnya.

INDOSPORT.COM - Nasib pemain muda Madura United, Ronaldo Kwateh, akan diumumkan pekan depan. Pemain berusia 18 tahun itu dirumorkan sedang melakukan negoisasi dengan klub luar negeri.

Ronaldo sudah tak terlihat saat pertandingan Madura United melawan Dewa United, Kamis (2/2/23). Dirut PT PBMB, Annisa Zhafarina membocorkan sang pemain sudah izin pergi ke Eropa untuk negosiasi kontrak.

Untuk melakukan negoisasi, Ronaldo bahkan tidak sempat ikut pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 di Jakarta. Annisa Zhafarina menjelaskan izin keberangkatannya bahkan lebih awal dari pada pemanggilan ke timnas U-20.

Rumornya, Ronaldo Kwateh bakal bergabung dengan klub kasta kedua Turki, Bodrumspor. Lalu ada juga tim kasta teratas, Antalyaspor yang memantau anak muda blasteran Indonesia-Afrika itu sejak 2021.

Dikonfirmasi soal klub tujuan Ronaldo, sang agen, Julius Kwateh, masih merahasiakan. Dia minta penggemar sepak bola nasional bersabar karena akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Minggu ini akan saya kasih kabar ya. Tolong doakan saja yang terbaik," kata Julius Kwateh kepada awak media via pesan singkat, Minggu (5/2/23).

Saat berbincang dengan INDOSPORT pada awal 2022, Julius Kwateh, menyebut ada klub Liga 2 Turki yang menjalin komunikasi. Hanya saja, dia tak bisa membocorkan identitas klub peminat.

"Ada satu tim lainnya juga dari Turki sedang komunikasi dengan kami. Itu klub yang baru dari Liga 2 Turki, tapi mereka berambisi naik ke Liga 1, jadi mereka tak mau disebutkan namanya," ujar Julius.

Tim Liga Turki pertama yang melirik potensi Ronaldo Kwateh adalah Antalyaspor. Hal itu terjadi ketika dia mengikuti pemusatan latihan bersama timnas Indonesia U-19 di sana pada 2021.

Aziz Cetin selaku presiden Antalyaspor tertangkap kamera meminta nomor telepon Ronaldo Kwateh. Tim juara Liga Turki 1985 itu tertarik setelah melihat penampilan sang pemain yang sukses mencetak dua gol saat timnas U-19 menang 3-1 atas Antalyaspor U-18, 21 November 2021.