Liga Inggris

Bukan Cuma 6 Gelar Dicabut, Man City Bakal Dilarang Belanja Pemain Lagi

Selasa, 7 Februari 2023 15:41 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Hannah Mckay
Bukan cuma enam gelar dicabut saja, raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City, juga dilarang belanja pemain lagi. Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Bukan cuma enam gelar dicabut saja, raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City, juga dilarang belanja pemain lagi.

INDOSPORT.COM – Bukan cuma enam gelar dicabut saja, raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City, juga dilarang belanja pemain lagi.

Manchester United dan Liverpool bisa jadi menjadi tim yang ketiban durian runtuh jika 100 kasus lebih pelanggaran laporan keuangan Manchester City terbukti benar.

Hal ini bisa membuat enam gelar Liga Inggris The Citizens dicabut dan diberikan pada runner-up pada musim Manchester City menjadi juara.

Hal itu jelas menguntungkan Manchester United yang finis di peringkat kedua pada 2011/12, 2017/18, dan 20/21, sedangkan Liverpool pun demikian pada 2013/14, 2018/19, dan 2021/22.

Pencabutan gelar Man City pada 2011/12 jelas membuat Man United yang masih dilatih Sir Alex Ferguson saat itu dinyatakan sebagai juara yang mana kedua tim itu sama-sama mengoleksi 89 poin, hanya saja The Citizens unggul produktivitas gol.

Saat itu, gol spektakuler Sergio Aguero di pertandingan pamungkas kontra Queen Park Rangers pada menit-menit akhir memupuskan kesempatan Setan Merah memperoleh gelar Liga Inggris.

Lebih menariknya lagi, pada tahun 2013/14, Steven Gerrard pada akhirnya bisa mendapatkan trofi Liga Inggris pertamanya yang mana hal itu sempat buyar.

Saat itu, Liverpool harus merelakan gelar juaranya direbut Man City setelah kalah karena Gerrard terpeleset di laga kontra Chelsea yang membuat Demba Ba bisa menceploskan gol sehingga The Reds kalah 0-2.

Man City juara pada musim 2017/18 dan 2020/2021 tanpa pesaing yang bisa menggoyahkan The Citizens dan jika dicabut, Manchester United yang menjadi runner-up pada dua musim itu bakal menjadi juara.

Momen menarik terjadi pada tahun 2018/19 dan 2021/22 lalu yang mana Manchester City dan Liverpool saling adu jotos untuk memperebutkan gelar juara hingga pekan terakhir.

Saat itu, Liverpool itu berhasil menempel di peringkat kedua dengan poin berjarak satu poin saja yang berarti jika gelar juara Manchester City dilucuti The Reds otomatis bakal mendapatkan gelar juara.

Sementara itu, sanksi berat tengah menanti Manchester City selain enam gelar juara dicabut yaitu The Citizens dilarang belanja pemain lagi.