In-depth

Terancam Degradasi, Ini 5 Pemain yang Bakal Cabut dari Manchester City

Selasa, 7 Februari 2023 16:04 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Phil Noble
Erling Haaland dan Phil Foden saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United Copyright: © Reuters/Phil Noble
Erling Haaland dan Phil Foden saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris, Manchester City saat ini sedang ditimpa masalah serius karena diduga telah melakukan pelanggaran aturan financial fair play (FFP).

Dugaan pelanggaran FFP yang dilakukan oleh Manchester City disampaikan langsung oleh perator Liga Inggris, Premier League, melalui laman resmi mereka.

Dalam pernyataan itu, Manchester City disebut melakukan pelanggaran FFP sejak diakui sisi oleh pengusaha tajir asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour pada musim 2009-2010 silam hingga sekarang.

Klub berjulukan The Citiezens diduga tidak memberikan laporan keuangan yang jujur, terkait pendapatan dan biaya operasional klub.

Selain itu, ada pelanggaran soal renumerasi nilai kontrak dari sejumlah pelatih dan pemain yang pernah membela City di periode tersebut.

Kemudian pihak manajemen dituduh tidak memberikan laporan yang akurat mengenai keuntungan dan keberlangsungan klub mereka.

Hal ini membuat pihak operator Liga Inggris akan membentuk tim independen yang terdiri dari perwakilan Premier League, dan klub-klub yang berlaga di kasta tertinggi musim ini.

Tim ini dibuat untuk segera menyidang Manchester City dan mempersilakan pihak The Citizens untuk mengajukan pembelaan atas dakwaan ini.

Persidangan nanti akan digelar secara tertutup dan hasil sidang itu akan dipublikasikan di laman resmi Premier League.

Banyak pasal yang kemungkinan dilanggar oleh Manchester City. Mereka bisa mendapatkan hukuman pengurangan poin hingga terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris.

Bila hukuman ini jadi kenyataan, Pep Guardiola dan beberapa pemain bintang Manchester City bisa saja cabut dari Etihad Stadium. Siapa saja mereka?