In-depth

3 Keutungan Besar yang Didapat Manchester United Bila Resmi Diakuisisi Sultan Qatar

Rabu, 8 Februari 2023 22:28 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Phil Noble
Manajer Manchester United Erik ten Hag di laga Manchester United vs Nottingham. (Foto: REUTERS/Phil Noble) Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Manajer Manchester United Erik ten Hag di laga Manchester United vs Nottingham. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Saham Manchester United kini sedang dilirik oleh sekolompok investor asal Qatar, setelah keluarga Glazer membuka opsi penjualan sejak November 2022 lalu.

Sebagaimana diketahui, keluarga Glazer menjual Manchester United sejak November 2022 lalu. Hal ini mengundang para investor dari Qatar untuk mengakuisisi saham mayoritas Setan Merah.

Glazer sendiri mematok nilai jual raksasa Liga Inggris ini sebesar 6 miliar poundsterling (Rp109 triliun). Kemudian 2 miliar poundsterling (Rp36 triliun) untuk biaya renovasi Old Trafford terhadap tiap calon pembeli.

Sebelumnya, orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe dikabarkan berminat mengambil alih kepemilikan Manchester United.

Kemudian muncul para individual kaya raya yang tergabung dalam Qatar Sports Investments siap bersaing dengan membayar nilai fantastis.

Sumber SportsMail mengatakan, bahwa sekelompok taipan asal Qatar tersebut tidak akan keberatan berapa pun harga jual Setan Merah.

Lebih lanjut, Qatar Sports Investments yakin tawarannya untuk mengakuisisi saham mayoritas Setan Merah adalah yang terkuat dari pesaingnya.

Apabila kesepakatan tersebut terjadi, niscaya pembelian Manchester United pada tahun ini akan menjadi yang termahal sepanjang masa.

Sebelumnya, status ini diraih oleh Chelsea saat diakuisisi oleh konsorsium Todd Boehly pada Senin (30/5/22) lalu, dengan mahar senilai 4,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp 77,4 triliun.

Bila nantinya para sultan Qatar resmi mengakuisisi Manchester United, maka Setan Merah akan mendapatkan sejumlah keuntungan besar. Apa saja itu?