Liga Inggris

Andai Deal, Pembelian Man United oleh Sultan Qatar Bakal Jadi yang Termahal Sepanjang Masa

Rabu, 8 Februari 2023 15:20 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/David Klein
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Christian Eriksen ke gawang Fulham, Senin (14/11/22) dini hari WIB REUTERS/David Klein Copyright: © REUTERS/David Klein
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Christian Eriksen ke gawang Fulham, Senin (14/11/22) dini hari WIB REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM - Keluarga Glazer resmi menjual Manchester United sejak November 2022 lalu. Hal ini mengundang para investor dari Qatar untuk mengakuisisi saham mayoritas Setan Merah.

Glazer sendiri mematok nilai jual Man United sebesar 6 miliar poundsterling (Rp109 triliun) dan 2 miliar poundsterling (Rp36 triliun) untuk biaya renovasi Old Trafford terhadap tiap calon pembeli klub.

Sebelumnya, orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe dikabarkan berminat mengambil alih kepemilikan Man United.

Dan kini muncul para individual kaya raya yang tergabung dalam Qatar Sports Investments siap membayar nilai fantastis dari Glazer.

Sumber SportsMail mengatakan, bahwa sekelompok taipan asal Qatar tersebut tidak akan keberatan berapa pun harga jual Manchester United.

"Ada dana signifikan tersedia. Orang-orang ini serius. Mereka ingin memastikan bahwa Man United berada di tempat yang seharusnya."

Lebih lanjut, Qatar Sports Investments yakin tawarannya untuk mengakuisisi saham mayoritas Setan Merah adalah yang terkuat dari pesaingnya.

Apabila kesepakatan tersebut terjadi, niscaya pembelian Man United tahun ini akan menjadi yang termahal sepanjang masa.

Sebelumnya, status ini diraih oleh Chelsea saat diakuisisi oleh konsorsium Todd Boehly pada Senin, (30/5/22) lalu, dengan mahar senilai 4,25 miliar poundsterling atau sekitar Rp 77,4 triliun.

Tahun lalu, Manchester United menjadi klub sepak bola paling bernilai kedua di dunia saat diboyong Glazer pada tahun 2005 silam.