Bola Internasional

Cerita Alexandro Felix Kamuru, Bek Muda Papua yang Jadi Andalan Garuda Select di Eropa

Rabu, 8 Februari 2023 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Alexandro Felix Kamuru saat berseragam Timnas Indonesia U-16. Kini ia menjadi andalan di skuat Garuda Select 5. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Alexandro Felix Kamuru saat berseragam Timnas Indonesia U-16. Kini ia menjadi andalan di skuat Garuda Select 5.

INDOSPORT.COM - Ada cerita menarik dari Alexandro Felix Kamuru, bek tangguh asal Papua yang kini menjadi andalan di skuat Garuda Select 5 di Inggris dan Italia.

Alexandro Felix Kamuru merupakan salah satu pemain muda yang lolos scouting dan diboyong ke Eropa, untuk memperkuat tim Garuda Select 5 besutan Des Walker.

Diketahui, pemain yang akrab disapa Felix ini adalah jebolan Barito Putera dan timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti.

Meski postur Felix tidak terlalu jangkung, hanya 1,7 meter, ia sangat piawai menyisir pertahanan sebagai bek kiri.

Hal itulah yang membuat Alexandro Felix Kamuru menjadi sorotan para talent scout asal Eropa, ketika Elite Pro Academy Liga 1 lalu, hingga ia lolos seleksi Garuda Select 5.

Khususnya di skuat Garuda Select 5, Felix harus bersaing dengan bek asal Senegal, Jose Mendy. Ada beberapa kesempatan di mana Felix meraih tempat utama di timnya.

Misalnya, saat Garuda Select menantang tim raksasa Italia, Inter Milan, Felix Kamuru dipercaya untuk menjadi starting line up. Bahkan, aksinya juga mendapat pujian.

"Tentu kita kehilangan (Jose cedera), dia pemain yang sangat bagus. Tapi kemudian masuklah Felix, dan saya merasa kalau Felix bermain fantastis," pujian dari Des Walker.

"Hari ini saya merasa kita sangat bagus di seluruh area lapangan. Kita bersaing, saat passing, kita menyamai mereka, dan kita memasukkan dua gol ke gawang mereka."

Kabar ini cukup membanggakan, di mana pemain Indonesia bisa bersaing dengan pemain Afrika hingga Italia, untuk mendapatkan tempat utama.