Liga Indonesia

Jelang Piala Dunia U-20, Menpora 'Rayu' Argentina dan Portugal untuk Mini Turnamen

Kamis, 9 Februari 2023 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
100 hari menjelang Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
100 hari menjelang Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali berencana mengundang Argentina U-20 dan Portugal U-20 untuk beraksi di mini turnamen menjelang Piala Dunia U-20 2023. Dia bahkan sudah membuka komunikasi dengan duta besar Indonesia di Portugal.

Menpora mengatakan sudah berbicara dengan PSSI melalui direktur teknik Indra Sjafri. Dia ingin membantu timnas Indonesia U-20 mencari lawan tangguh guna asah kemampuan para pemain. 

Argentina dan Portugal menjadi pilihan karena dua negara itu tak lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Dengan situasi tersebut, ada peluang Indonesia untuk mengundang mereka ke Tanah Air.

"Kami siapkan juga mini turnamen, berapa negara sedang kami hubungi, mudah-mudahan bisa," kata Zainudin Amali, Kamis (9/2/23).

"Mimpinya demikian dan saya sudah bicara ke Indra Sjafri, kurang tahu coach Shin Tae-yong setuju atau tidak. Saya bilang kami ambil (undang) tim kuat sekalian biar anak-anak (timnas Indonesia U-20) dapat atmosfer yang bagus," imbuhnya.

Mini turnamen itu rencananya berlangsung setelah Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, timnas U-20 harus beraksi terlebih dulu pada kejuaraan yang berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Menpora bahkan sudah membangun komunikasi dengan Duta Besar Indonesia yang berada di Portugal untuk melakukan lobi dengan federasi di sana. Diharapkan ada respons yang bagus, sehingga terlaksana pertandingan berkualitas.

"Saya maunya undang Argentina U-20, kebetulan mereka nggak lolos (Piala Dunia U-20), jadi bisa ikut. Semalam saya komunikasi dengan duta besar di Portugal, tolong komunikasikan, kan mereka (Portugal U-20) juga gak lolos. Jadi kita undang saja sekalian," ujar Zainudin Amali.

"Misalnya Argentina nggak main di Piala Dunia U-20, tapi ikut di mini turnamen, akan bagus buat kami. Inilah cita-cita, inilah mimpi. Mudah-mudahan makin baik performa timnas dengan mendapatkan lawan yang bagus setelah Piala Asia U-20," tambah Menpora.