Liga Indonesia

Lagi! Akibat Ulah Oknum Bobotoh, Persib Bandung Kena Denda Puluhan Juta Rupiah

Kamis, 9 Februari 2023 16:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung kembali mendapatkan sanksi denda sebesar Rp50 juta akibat ulah suporternya di Liga 1. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung kembali mendapatkan sanksi denda sebesar Rp50 juta akibat ulah suporternya di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1Persib Bandung, kembali mendapatkan sanksi denda sebesar Rp50 juta. Hukuman tersebut, dijatuhkan oleh Komite Disiplin PSSI dalam sidangnya yang digelar pada Selasa (07/02/23).

Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komdis PSSI, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin TPL Tobing. Hukuman itu diberikan lantaran tingkah laku buruk oknum suporter saat pekan ke-22 kompetisi Liga 1 2022-2023.

Pada pertandingan kandang skuat Maung Bandung tersebut, ada aksi pelemparan oleh oknum suporter Persib ke arah suporter PSS Sleman di area tribun selatan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (05/02/23).

Dalam salinan keputusan Komite Disiplin PSSI bernomor 099/L1/SK/KD-PSSI/II/2023 tersebut disebutkan, bahwa telah terjadinya aksi pelemparan botol air mineral yang dilakukan oleh oknum suporter Persib ke arah suporter PSS Sleman di area tribun selatan.

Hal itu, diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran kode disiplin.

"Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, Klub PERSIB dikenakan sanksi denda sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)," demikian petikan salinan keputusan Komdis PSSI tersebut dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Kamis (09/02/23).

Jika terjadi pelanggaran serupa di pertandingan selanjutnya kompetisi Liga 1 2022-2023, maka Persib terancam akan mendapatkan hukuman yang lebih berat.

"Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat," lanjut petikan tersebut.

Tingkah laku buruk oknum suporter tidak hanya terjadi di dalam stadion. Namun, di luar stadion dan di area parkir usai pertandingan, sekelompok oknum suporter pun melakukan aksi provokasi.

Akibat aksi provokasi tersebut, 11 orang oknum suporter ditangkap petugas kepolisian. Setelah melalui tahapan pemeriksaan, aparat kepolisian memastikan mereka yang diamankan positif mengonsumsi narkoba.

"Seperti terhadap oknum suporter yang kedapatan menyalakan flare di dalam stadion, kami juga memberikan sanksi tidak bisa membeli tiket pertandingan Persib" kata Head of Communications Persib, Adhi Pratama.