Liga Indonesia

Piala Dunia U-20 Harga Mati, Begini Tekad Baja Wonderkid Persis Solo

Sabtu, 11 Februari 2023 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da
Zanadin Fariz, pemain Timnas Indonesia U-20. Copyright: © Petrus Manus Da
Zanadin Fariz, pemain Timnas Indonesia U-20.

INDOSPORT.COM - Pemain muda Persis Solo, Zanadin Fariz, mengincar satu tempat di timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023. Dia mengaku akan mati-matian untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Piala Dunia U-20 2023 akan dimainkan pada 20 Mei-11 Juni mendatang. Hal itu dinilai momen langka oleh Zanadin, sehingga dia akan berusaha masuk skuat Garuda Nusantara.

Zanadin saat ini dipanggil ke pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 untuk persiapan menghadapi Piala Asia 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang. Kejuaraan itu sekaligus cikal-bakal skuat Piala Dunia U-20.

"Piala Dunia U-20 pastinya harga mati buat saya. Karena kan ini baru pertama kali di Indonesia, pasti saya akan berusaha semaksimal mungkin, sampai mati pun berusaha," ujar Zanadin Fariz, Sabtu (11/2/23).

Zanadin memang menjadi langganan timnas U-20 sejak Piala AFF U-19 2022. Gelandang berusia 18 tahun itu juga pilar saat Kualifikasi Piala Asia U-20 September tahun lalu.

Berada di timnas U-20, Zanadin mengaku mendapat banyak ilmu dari pelatih Shin Tae-yong. Memang ada sedikit perbedaan gaya melatih dengan pelatih di klub, tapi itu bukan masalah besar.   

"Nggak beda jauh coach di klub dan di timnas Indonesia, ada persamaan tapi juga ada perbedaan juga dari taktikal dan lainnya," jelas Zanadin Fariz.

Sebelum dipanggil ke timnas U-20, Zanadin harus menghadapi perjalanan karier yang cukup berliku. Dia dipromosikan dari tim Persis U-20 oleh Jacksen F. Tiago di Piala Menpora 2022.

Jacksen Tiago menyebut Zanadin adalah aset berharga buat Persis Solo. Bahkan, bisa menjadi andalan timnas Indonesia di masa depan.